Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo mengakui, Laboratorium Forensik Polda Papua masih menyelidiki kebakaran yang menghanguskan dua unit rumah di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

Tim labfor sudah turun, dan menyelidiki Kebakaran yang diduga dilakukan sekelompok massa.

Baca juga: PLN pulihkan jaringan listrik usai kebakaran di Jayapura

Olah TKP dipimpin oleh Iptu Ade Jodi Harmawan bersama personel Labfor Polda Papua, kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo di Jayapura, Jumat.

Dikatakan, dari laporan yang diterima terungkap kegiatan yang dilaksanakan Kamis (4/7) itu meliputi pengamatan umum, pemotretan dan dokumentasi, pemeriksaan tingkat kerusakan dan arah penjalaran api, serta penentuan lokasi api pertama kebakaran (LAPK).

Baca juga: Uncen-Musamus dan BRGM kolaborasi cegah kebakaran gambut di Papua

Selain itu, tim juga melakukan pencarian dan pengumpulan sampel barang bukti serta mengumpulkan data dari keterangan saksi-saksi.

"Dari hasil pemeriksaan olah TKP,kesimpulan sementara terungkap api pertama membakar ruang tamu, sedangkan pada rumah kedua berasal dari ruang keluarga," kata Kombes Benny.

Baca juga: KM Labobar tetap lanjutkan pelayaran ke Papua usai alami kebakaran

Sementara itu Iptu Ade Jodi Harmawan menambahkan, penyebab pasti kebakaran masih menunggu hasil pemeriksaan abu arang yang telah diambil sebagai sampel.

Sampel tersebut akan dianalisis menggunakan gas chromatography mass spectrometer (GCMS) untuk menentukan ada tidaknya kandungan bahan bakar di lokasi api pertama kebakaran.

Polri akan berupaya mengungkap kebakaran yang terjadi, Rabu (3/7) hingga menghanguskan dua rumah warga, kata Iptu Ade Jodi Harmawan.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran perkantoran di Sentani
Baca juga: Kebakaran di Wanam hanguskan kantor Pos Polair dan Koramil
Baca juga: Kemensos RI beri bantuan pada korban kebakaran di Jayapura

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024