Untuk tenaga medisnya yang kami siapkan itu sebanyak lima orang dokter hewan,
Kendari (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan fasilitas klinik hewan gratis untuk masyarakat yang hewan ternak atau peliharaannya mengalami gangguan kesehatan.

Kepala Distanak Provinsi Sultra La Ode Muhammad Rusdin Jaya saat ditemui di Kendari, Jumat, mengatakan bahwa di klinik hewan tersebut disediakan tenaga medis serta dilengkapi dengan laboratorium dan peralatan lengkap juga modern untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk tenaga medisnya yang kami siapkan itu sebanyak lima orang dokter hewan," kata Rusdin Jaya.

Baca juga: Tim kesehatan kurban Mataram temukan lima kasus cacing hati

Dia menyebutkan bahwa selain dapat menangani pemeriksaan atau gangguan kesehatan hewan, klinik tersebut juga bisa melakukan tindakan berat berupa operasi terhadap hewan, baik itu minor maupun operasi mayor.

"Seperti operasi sesar dan operasi penanganan luka pada hewan," ujarnya.

Rusdin Jaya juga mengungkapkan bahwa laboratorium canggih dan modern tersebut  bisa memberikan pelayanan terkait dengan penanganan keamanan pangan yang berasal dari hewan atau pencemaran bahan kimia berbahaya seperti boraks atau formalin.

Baca juga: Jakarta Selatan periksa status kesehatan belasan ribu hewan kurban

Ia juga mengungkapkan bahwa fasilitas tersebut disediakan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terdapat hewan-hewan kesayangan atau ternaknya yang sakit.

" Masyarakat dipersilakan ke sini untuk berkonsultasi atau mengobati hewan, kami menyiapkan laboratorium yang baik, kami menyiapkan tenaga medis dan paramedis yang cukup untuk melayani masyarakat kita," sebut Rusdin Jaya.

Rusdin Jaya juga berharap dengan fasilitas klinik kesehatan hewan tersebut bisa memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan peliharaan ataupun hewan ternak agar bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024