Jakarta (ANTARA) - Bek senior Achmad Jufriyanto mendapatkan peran baru Persib Bandung sebagai pemain yang merangkap asisten pelatih pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/25.

Dikutip dari laman resmi klub, Jumat, kepastian ini diumumkan oleh Direktur Olahraga Interim Adhitia Putra Herawan menjelaskan hal tersebut merupakan permintaan dari pelatih kepala Bojan Hodak.

"Sekarang Jupe player-coach ya, makanya juga sudah join latihan, kontraknya berapa lama ya ada durasi tertentu. Kita kan ada long term project di Persib, kita ingin orang-orang yang memang bisa stay lama di sini, bisa melakukan proyek jangka panjang," ungkap Adhitia.

Ia lanjut menjelaskan Jupe sapaan sang pemain ditawari proyek jangka panjang oleh Persib, sehingga kontraknya akan berlanjut tidak hanya setahun.

Jika tidak ada aral melintang, bukan tidak mungkin di masa depan Jupe bisa masuk menjadi staf kepelatihan tim sama seperti pendahulunya I Made Wirawan.

Baca juga: Persib datangkan Mateo Kocijan gantikan posisi Alberto Rodriguez

Baca juga: Persib Bandung datangkan Igor Tolic untuk gantikan Goran Paulic


Menanggapi hal tersebut, Jupe mengaku sudah menjalani peran tersebut sejak musim lalu sebagai penyambung lidah dari pelatih kepada pemain juga sebaliknya.

Bojan Hodak juga bisa menggali informasi yang dibutuhkannya tentang sepak bola Indonesia, dan mencari tahu sudut pandang pemain dalam memandang sebuah hal. Lebih lanjut Jupe akan berdiskusi dengan Hodak mengenai peran spesifik seperti apa yang bakal ia jalani.

"Dari musim lalu sebenarnya sudah ada (peran player-coach) hanya prosesnya tidak langsung tiba-tiba, ada tahapannya. Menuju ke sana iya, proses-prosesnya ada saya melalui tim," jelas Jupe.

"Perannya sedikit banyak tidak jauh beda dengan musim lalu hanya mungkin nanti tahun ini seperti apa ya saya menunggu arahan dari head coach," pungkasnya.

Baca juga: Antusiasme suporter jadi alasan Moon Chang-jin gabung PSS Sleman

Baca juga: Persita Tangerang tunjuk Fabio Lefundes sebagai pelatih anyar

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024