Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran bagi 200 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendorong para pegawai menerapkan pola hidup sehat serta olahraga rutin. 

"Cek kesehatan dan tes kebugaran ASN untuk memastikan kondisi kesehatan sejak dini supaya segera ditangani jika ada yang memiliki kendala kesehatan. Jadi bisa berikan pelayanan maksimal bagi masyarakat," kata Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto di Jakarta pada Jumat.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari menyebutkan bahwa pemeriksaan atau skrining kesehatan yang dilakukan meliputi indeks masa tubuh (gizi), tekanan darah dan gula darah.

Selain itu kesehatan jiwa, Tuberkulosis (TB), kanker, Human Immunodeficiency Virus (HIV), penyakit paru obstruktif, indera dan lainnya

"Untuk kebugaran jasmani peserta ikuti 'rockport' atau lari kecil 1,6 kilometer sebanyak sembilan putaran" kata Erizon.

Pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran diikuti sebanyak 800 ASN di Jakarta Barat (Jakbar) secara bertahap dan untuk kali ini diikuti 200 ASN. "Bertahap ke 800 ASN, dilaksanakan setiap hari Jumat kepada 200 ASN," katanya.

Erizon berharap dengan skrining dan tes kebugaran para ASN sehat dan bugar. "Jadi kinerjanya maksimal di usia yang produktif sehingga bisa memberi layanan maksimal bagi warga," katanya.
Baca juga: Pemkot wajibkan ASN periksa kesehatan untuk cegah serangan jantung
Baca juga: Puskesmas Sawah Besar tingkatkan kualitas layanan kepada masyarakat


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024