Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap Kendrick Lamar merilis video musik untuk disstrack “Not Like Us” yang  ditujukan kepada sesama penyanyi, Drake.
 

Dilaporkan Hollywood Reporter pada Kamis (4/7) waktu setempat, video tersebut dirilis sebagai puncak “kemenangan” Lamar atas Drake dalam perselisihan antara dua rapper selama beberapa waktu belakangan ini.

Sebelumnya, Lamar membawakan lagu tersebut enam kali berturut-turut di konsernya “The Pop Out” bulan lalu.

Diketahui, video tersebut menampilkan beberapa referensi ke Drake dan label OVO-nya, dan menunjukkan Lamar merayakannya dengan tokoh-tokoh hip-hop di West Coast, serta berisi beberapa referensi halus dan kasar mengenai perseteruan tersebut.

Baca juga: Kendrick Lamar bersiap tampil di Los Angeles

Baca juga: Kendrick Lamar balas serangan Drake dengan "Meet the Grahams"


Disutradarai oleh Lamar dan Dave Free, video ini menampilkan beberapa akting cemerlang dari tokoh-tokoh West Coast terkemuka, termasuk produser “Not Like Us” Mustard, yang juga mengenakan topi Toronto Blue Jays dalam salah satu adegan pukulan yang paling jelas ke arah Drake.

Selain itu juga ditampilkan Tommy the Clown, bintang NBA kelahiran Compton dan mantan pemain Toronto Raptors DeMar DeRozan, serta Anthony “Top Dawg” Tiffith, CEO label Top Dog Entertainment.

Video dimulai dengan Lamar melakukan push-up pada balok kayu di ruangan yang diakses oleh Tommy si Badut.

Adegan tersebut mengacu pada "Push Ups" Drake, yang saat dirilis Drake merujuk pada foto Lamar yang sedang melakukan push-up.

Juga ditampilkan pasangan Lamar, Whitney Alford dan kedua anak mereka.

Lagu Drake “Family Matters” menuduh Free menjadi ayah dari salah satu anak Lamar dengan Alford.

Dalam cuplikan yang sangat jelas di lagu Drake tersebut, Alford, Lamar dan anak-anak terlihat menari bersama dalam video tersebut.

Video tersebut menampilkan beberapa referensi visual tentang burung hantu, burung yang diasosiasikan dengan label OVO Drake.

Ada gambar burung hantu yang sedang bertumpu pada lengan Lamar, gambar burung hantu di dalam sangkar, serta adegan Lamar menghancurkan patung burung hantu, sementara muncul di layar terdapat teks yang berbunyi, “tidak ada OVHoes yang dirugikan selama pembuatan ini videonya.”

Ada juga beberapa referensi lokasi dalam video tersebut, termasuk Tam’s Burgers dan gedung pengadilan Compton.

Konflik antara Drake dan Kendrick Lamar menggemparkan dunia pada bulan Mei, dengan masing-masing musisi merilis beberapa lagu ejekan satu sama lain.

Banyak yang merasa Lamar memenangkan perseteruan tersebut, di mana “Not Like Us” secara statistik adalah lagu paling populer mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 dengan video musik viral yang pasti menjadi yang teratas.

Baca juga: Drake balas Kendrick Lamar dengan "Family Matters"

Baca juga: Drake rilis “Push Ups” sebagai ‘diss’ untuk Kendrick Lamar

Baca juga: Kendrick Lamar sabet 4 piala dan torehkan rekor di BET Hip Hop Awards

 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024