Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Sejak 2008, Cathay United Bank Foundation telah berkolaborasi dengan Cathay United Bank meningkatkan kesetaraan hak pendidikan lewat "Elevated Tree Program in Vietnam". Program ini mendukung pendidikan anak-anak yang kurang mampu di Vietnam. Sejak pertama kali dilansir 16 tahun lalu, Program ini telah menyalurkan lebih dari 18.000 beasiswa dengan nilai total NT$15 juta untuk ribuan siswa Vietnam. Berkat beasiswa tersebut, para siswa bisa melanjutkan pendidikan dan mengejar cita-cita. Sebagai bagian dari komitmen pada kegiatan amal lintaswilayah, Cathay United Bank Foundation mengumumkan donasi senilai VND 780 juta pada tahun ini guna membantu sekitar 1.000 siswa.

"Elevated Tree Program" juga bekerja sama dengan Study Encouragement Association di Vietnam untuk mendata dan membantu siswa lokal yang kurang mampu melalui beasiswa. Program ini membantu mereka agar bisa berkembang dari bibit tanaman hingga menjadi pohon yang besar. Acara penyerahan donasi berlangsung di Ho Chi Minh City. Di acara ini, VJ Lu, Kepala Cabang Cathay United Bank Vietnam menjadi perwakilan Cathay United Bank yang menyerahkan beasiswa secara simbolis. Dia juga mendorong para penerima beasiswa agar mengubah kehidupan mereka lewat pendidikan, serta berkontribusi kepada masyarakat. Lewat "Elevated Tree Program in Vietnam", Cathay United Bank berharap siswa yang kurang mampu di Vietnam memperoleh bantuan untuk melanjutkan pendidikan dan mengejar cita-citanya.

Salah seorang penerima beasiswa "Chun" (bukan nama sebenarnya) adalah siswa kelas tiga yang kehilangan sang ayah ketika masih berusia sangat muda. Sementara, ibu Chun juga meninggal dunia akibat Covid-19. Chun kini tinggal bersama kakek-neneknya yang terkendala secara finansial sehingga dirinya tidak dapat melanjutkan pendidikan. Namun, berkat bantuan guru dan orang tua siswa lain, Chun mendapatkan bantuan finansial agar tetap bisa bersekolah. Berkat kerja keras dan dedikasinya, Chun pun memperoleh beasiswa Elevated Tree Program pada 2023-2024 atas prestasi akademik. Huynh Thi Anh Tuyet, Kepala Sekolah tempat Chun mengemban pendidikan, berkata, "Kami sangat berterima kasih atas beasiswa 'Elevated Tree Program in Vietnam'. Berkat dukungan program ini, para siswa termotivasi menyelesaikan pendidikan, serta terinspirasi mengejar keunggulan dan memperluas wawasan."

Salah seorang penerima beasiswa lainnya "Yu-Pi" (bukan nama sebenarnya), adalah siswa kelas dua yang orang tuanya pindah ke Ho Chi Minh City dari provinsi lain untuk mencari nafkah. Ibu Yu-Pi memiliki penyakit jantung bawaan, bahkan kondisinya memburuk setelah melahirkan Yu-Pi sehingga tidak mampu bekerja setelah menjalani bedah jantung kedua. Maka, ayah Yu-Pi menjadi satu-satunya sosok yang mencari nafkah dan memakai gaji yang diperoleh dari bekerja di pabrik sepatu untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menanggung biaya pengobatan sang istri. Bertekad mengurangi beban orang tuanya, Yu-Pi pun gigih mempertahankan nilai yang baik sepanjang tahun lalu agar bisa mengajukan beasiswa. Bagi Yu-Pi, beasiswa tak hanya membantunya melanjutkan pendidikan, namun juga menjadi motivasi untuk mengatasi seluruh tantangan. Dengan kerja keras, Yu-Pi berharap dirinya dapat berkontribusi kepada masyarakat, serta merawat orang tuanya.

Tentang Cathay United Bank (CUB) Elevated Tree Program

Para siswa di wilayah pedesaan menemui kendala akibat struktur keluarga dan sarana pendidikan yang kurang memadai. Agar semua siswa memperoleh kesempatan belajar yang sama, CUB dan CUB Foundation merintis Elevated Tree Program pada 2004. Dengan menjadikan sekolah pusat layanan, CUB dan CUB Foundation menyalurkan beasiswa secara fleksibel, menawarkan program belajar khusus, serta kursus keuangan TutorCUB secara daring. Tujuannya, memastikan setiap anak memiliki kesempatan yang sama dan adil untuk melanjutkan pendidikan, sesuai dengan target SDG4.

Untuk membantu anak yang kurang mampu mengeksplorasi bakat dan termotivasi belajar, CUB Foundation bekerja keras membantu sekolah di wilayah pedesaan, mengembangkan program olahraga, seni, musik, dan program belajar khusus lainnya. CUB ingin memotivasi anak-anak agar berpartisipasi dalam olahraga, tim, dan aktivitas lain di Taiwan dan luar negeri. Maka, CUB menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk menemukan jati diri, meningkatkan kepercayaan diri, melatih disiplin, serta membangun semangat tim.

SOURCE Cathay United Bank

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024