Potensi yang bisa dikembangkan dengan MoU ini cukup banyak. Salah satunya peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) terutama dari tabungan, giro dan deposito ...
Surabaya (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) memfasilitasi penempatan dana Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur yang meliputi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan layanan keuangan lainnya.

Langkah ini ditandai dengan penandatanganan MoU tentang Layanan Jasa Keuangan antara Bank Jatim dengan PW Muhammadiyah Jatim.

“Potensi yang bisa dikembangkan dengan MoU ini cukup banyak. Salah satunya peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) terutama dari tabungan, giro dan deposito dari sisi AUM Jatim,” kata Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman dalam keterangan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Bank Jatim perluas pasar UMKM binaan lewat misi dagang di Bali

Selain penempatan dana PW Muhammadiyah Jatim, Busrul menuturkan kerja sama dalam MoU tersebut juga meliputi fasilitas layanan jasa keuangan perbankan lainnya seperti kredit atau pembiayaan serta pelayanan rekening bank yang memudahkan AUM dalam melakukan transaksi.

Selain itu, terdapat juga potensi peningkatan fee based income atas pengaplikasian VA untuk pembayaran melalui e-channel Bank Jatim dari AUM yang bergerak di bidang pendidikan dan rumah sakit.

Busrul mengatakan peluang untuk pembiayaan kredit multiguna, kredit modal kerja, dan kredit investasi juga besar untuk anggota PW Muhammadiyah Jawa Timur beserta AUM Jawa Timur.

Hal itu lantaran jumlah AUM di Jawa Timur mencapai 2.468  sehingga melalui kerja sama ini maka pelayanan terhadap AUM dan warga Muhammadiyah akan lebih optimal mengingat lingkup MoU meliputi pembiayaan, pendanaan, dan layanan perbankan lainnya.

“Banyak pilihan produk layanan perbankan syariah yang telah disiapkan oleh Unit Usaha Syariah Bank Jatim kepada AUM. Baik di sektor pendidikan, kesehatan, ataupun sektor lainnya. Jadi sinergitas bisnis ini kami yakini akan menguntungkan kedua belah pihak,” kata Busrul.

Baca juga: Bank Jatim dukung pendanaan pengembangan JIIPE Gresik

Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Sukadiono pun menyampaikan apresiasi Bank Jatim dan membuka diri dengan berbagai pihak untuk bekerja sama demi meningkatkan kesejahteraan dan menjadikan rakyat semakin maju.

“Ini bukti nyata sinergitas antara PW Muhammadiyah Jawa Timur dan Bank Jatim dalam bidang pembiayaan dan kerja sama lainnya bagi AUM di Jawa Timur,” ujar Sukadiono.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024