Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi bersama pasangannya petenis AS, Asia Muhammad, berhasil melangkah ke babak kedua Wimbledon 2024.

Bertanding di All England Club, Kamis, Aldila/Asia mengalahkan Martina Trevisan (Italia)/Irina-Camelia Begu (Romania) dengan skor 7-6(6), 6-3 pada babak pertama.

Pertandingan Aldila/Asia di Wimbledon 2024 ini disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya.

Dubes Desra memberikan dukungan penuh kepada Aldila dan Asia di lapangan dari awal pertandingan hingga akhir.

Kemenangan itu mengantarkan Aldila/Asia ke babak kedua turnamen Grand Slam paling prestisius di dunia tersebut.

Baca juga: Aldila siap cetak sejarah di Wimbledon 2024

Pertandingan berlangsung sengit, terutama di set pertama. Pada awal set, Aldila/Asia unggul dengan skor 2-0. Mereka kemudian tertinggal dan hampir kehilangan set pertama saat kedudukan menjadi 3-5 untuk keunggulan pasangan Martina/Irina-Camelia.

Namun, Aldila/Asia menunjukkan mental juara dengan bangkit dan mampu meraih dua gim penting, hingga pertandingan memasuki babak tie break dan merebut set pertama dengan skor 7-6(6).

Pada set kedua, Aldila dan Asia tampil lebih solid dan percaya diri, sehingga mereka mampu meraih kemenangan dengan skor 6-3.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Pertandingan hari ini sangatlah ketat, terutama di set pertama. Kami sempat unggul, lalu tertinggal, tapi kami tidak pernah menyerah dan terus berjuang," ujar Aldila dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Aldila tempati unggulan kedua di WTA 250 Libma Open

"Saya sangat bersyukur bisa menang dengan mendapatkan dukungan dari banyak orang."

Wimbledon 2024 merupakan turnamen Grand Slam ketiga bagi Aldila tahun ini, dan menjadi Grand Slam ke-11 sepanjang kariernya. Pada turnamen ini, Aldila/Asia menempati unggulan ke-15 ganda putri.

Aldila juga berencana tampil di nomor ganda campuran dengan menggandeng petenis Amerika Serikat, Jackson Withrow. Mereka akan berduel melawan Andrea Vavassori/Sara Errani (Italia).

Tahun lalu, Aldila mampu mencapai babak semifinal Wimbledon bersama petenis Belanda, Matwe Middelkoop.

Baca juga: Aldila dan Asia Muhammad juarai WTA 125 Paris Open Trophee

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024