Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan belum ada permintaan dari pihak-pihak tertentu kepada partainya untuk mengusung Kaesang Pangarep, maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Dia menekankan Demokrat masih menggodok nama-nama yang diyakini tepat dan berpeluang menang dalam pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

“Apakah sudah ada permintaan khusus tentang Mas Kaesang kepada Partai Demokrat, belum ada,” kata AHY menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis.

Dia melanjutkan saat ini belum ada keputusan final untuk mengusung nama-nama tertentu di Jakarta.

“Saya beberapa kali dalam diskusi dengan rekan-rekan politisi, termasuk juga partai-partai yang tergabung dalam KIM (Koalisi Indonesia Maju). Kita, prinsipnya masih terus melakukan survei, survei-survei internal, penelaahan di lapangan, dan belum ada keputusan final terkait dengan sejumlah daerah yang tadi disebutkan,” kata AHY.

Tidak hanya Jakarta, AHY menyebut, Demokrat juga belum menentukan calon-calon kepala daerah yang bakal diusung untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kalau pun sudah ada tentu pasti akan kami sampaikan. Yang jelas, Demokrat ingin sukses dalam pilkada ini. Kami ingin mendukung kader-kader termasuk tokoh-tokoh yang memiliki kans terbaik untuk menang,“ katanya.
 
Dalam kesempatan yang sama, AHY juga menegaskan partai juga belum menentukan calon kepala daerah yang diusung untuk Provinsi Banten.

“Ini juga masih sangat cair. Saya tahu masing-masing yang ingin menjadi kandidat sudah berikhtiar dengan segala strateginya, termasuk tentunya ada sejumlah kader utama Demokrat yang juga sedang mencari peluang,” kata AHY tanpa menyebutkan nama kader utama itu.

Dia melanjutkan Partai Demokrat pada prinsipnya senang jika ada kader-kadernya yang potensial, tetapi dia menekankan partai tetap harus realistis.

“Saya selalu menyampaikan kepada mereka, kita harus benar-benar realistis. Jangan hanya bermodalkan semangat, tetapi juga harus bermodalkan kesiapan-kesiapan lainnya,” kata AHY.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Pemungutan suara untuk Pilkada 2024 itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024