Berlin (ANTARA) - Berlin menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi penggemar sepak bola di arena bernama Fan Zone selama Piala Eropa 2024. Brandenburg Gate yang menjadi salah satu ikon kota Berlin diubah menjadi kawasan Fan Zone seluas 2,4 hektare yang dibalut rumput sintetis.

Terdapat dua Fan Zone yang ada di Berlin selama turnamen sepak bola Piala Eropa 2024 bergulir, yakni di kawasan Brandenburg Gate dan Reichstag. Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate yang digadang-gadang terbesar di dunia itu menampung puluhan ribu para penggemar sepak bola yang tidak bisa menonton pertandingan Piala Eropa 2024 di Olympiastadion.

Salah satu keistimewaan dari Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate adalah rumput buatan yang menyerupai lapangan sepak bola. Para suporter dapat menyaksikan pertandingan lewat layar raksasa sambil duduk santai bersama teman atau keluarga di atas rumput buatan yang sangat nyaman.

Kulturprojekter Berlin Gmbh sengaja mengubah kawasan Brandenburg Gate menjadi seperti lapangan sepak bola demi menciptakan atmosfer seperti di dalam stadion selama Piala Eropa 2024. Pemasangan rumput buatan dilakukan dengan sistem pendukung EnviroLoc+ berbasis tanaman yang eksklusif.

Sistem ini menggantikan poliol berbasis minyak bumi dengan kedelai yang dapat diperbaharui, menjadikannya lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dengan teknologi ini, panitia penyelenggara Piala Eropa 2024 berkomitmen menyediakan solusi lapangan rumput sintetis yang lebih hijau dan aman bagi lingkungan.

Instalasi rumput sintetis yang digunakan di Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate telah memenuhi semua standar terbaru dan dikembangkan khusus untuk Piala Eropa 2024. Rumput ini merupakan rumput sintetis yang mengurangi CO₂, bersifat netral terhadap iklim, dan 100 persen dapat didaur ulang.

Sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan global yang terkandung dalam Agenda 2030 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya sebagai cara menghindari penggunaan mikroplastik, rumput ini diisi dengan bahan alami (butiran tunggal, pasir kuarsa) alih-alih granulat karet, sehingga menghilangkan sumber utama emisi mikroplastik.

Hal ini memungkinkan kami untuk meminimalkan bahaya pelepasan debu halus ke lingkungan selama acara berlangsung dan juga setelah turnamen sebagai bagian dari penggunaan rumput setelah turnamen.

Setelah turnamen Piala Eropa 2024 berakhir, rumput sintesis di Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate akan dilepas secara profesional dan disumbangkan untuk digunakan di instalasi lapangan olahraga di berbagai lokasi sekitar kota, seperti pusat pemuda, sekolah, dan pusat penitipan anak. Inisiatif ini akan memberikan manfaat bagi anak-anak di komunitas setempat, dengan menyediakan fasilitas olahraga yang lebih baik dan lebih aman.

Berdasarkan pantauan ANTARA, para penggemar sepak bola begitu nyaman duduk di atas lapangan rumput sintesis di Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate. “Setiap datang ke sini, saya selalu menikmati waktu menyaksikan pertandingan sambil duduk santai di rumput sintesis yang seperti karpet ini. Nyaman buat duduk bareng bersama teman-teman,” kata Julian kepada ANTARA di Berlin, Kamis (04/07/2024).

Para suporter yang datang ke Fan Zone di kawasan Brandenburg Gate bahkan sering kali berbaring atau tidur bermalas-malasan di atas rumput. “Seperti sedang melakukan piknik bersama teman-teman tapi di atas lapangan sepak bola. Pengalaman yang unik,” ujar Andreas.

Baca juga: Suporter tim kontestan Euro 2024 mengunjungi East Side Gallery
Baca juga: Pemain dan tim terbaik versi suporter di putaran grup Piala Eropa 2024
Baca juga: Fussballliebe, bola resmi Piala Eropa 2024


Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024