Kegiatan ini sangat bagus karena bisa menjadi sarana atau wadah untuk mempromosikan produk UMKM Kabupaten Bogor bukan hanya di tingkat Kabupaten Bogor tetapi tingkat nasional
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memamerkan sejumlah produk lokal unggulan hasil UMKM daerah tersebut pada kegiatan Indonesia Maju Expo Tahun 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Iman Wahyu Budiana dalam keterangannya, Kamis, mengungkapkan produk UMKM asal Kabupaten Bogor yang dihadirkan pada kegiatan yang digelar pada 4-7 Juli itu mulai dari makanan hingga busana.

"Kegiatan ini sangat bagus karena bisa menjadi sarana atau wadah untuk mempromosikan produk UMKM Kabupaten Bogor bukan hanya di tingkat Kabupaten Bogor tetapi tingkat nasional," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa kehadiran UMKM asal Kabupaten Bogor di ajang tahunan ini merupakan keempat kalinya, dengan memamerkan produk-produk lokal unggulan secara bergantian.

"Setiap tahunnya kita bawa produk-produk UMKM secara bergantian. Yuk mari kita terus berinovasi menghasilkan produk unggulan untuk memajukan UMKM Kabupaten Bogor yang berdaya saing,” kata Iman.

Sementara, Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir mengapresiasi para pelaku UMUM dari seluruh Indonesia yang terlibat dalam Indonesia Maju Expo Tahun 2024.

"Betapa majunya UMKM kita dengan produk yang berkualitas. Melalui kegiatan ini kita berupaya memperkenalkan produk kita kepada seluruh masyarakat,” ujar Tomsi.

Pelaku UMKM Busana dari Kecamatan Tajurhalang, Lussi menyebutkan bahwa produk unggulan yang terpilih pada kegiatan Indonesia Maju Expo Tahun 2024 yakni fashion ethnic dengan memadupadankan batik khas Bogor dengan kain tenun menjadi beragam pakaian yang kekinian.

“Ini sangat luar biasa, karena produk kami akan dilombakan pada fashion show esok bersaing dengan produk dari seluruh Indonesia,” ungkap Lussi.

Senada, Pelaku UMKM Paduzzee dari Kecamatan Gunungputri, Sierra mengatakan produk yang terpilih pada pemeran ini adalah batik yang dibuat menjadi aneka produk seperti tas, sandal, sepatu, hingga tas id card.

"Tentunya ini tidak terlepas dari peran dukungan dan pembinaan dari Pemkab Bogor, jangan pernah lelah untuk memberikan support kepada kami para pelaku UMKM Kabupaten Bogor,” katanya.

Baca juga: UMKM asal Bogor pamer produk di Pekan Kerajinan Jawa Barat 2024
Baca juga: Pemkab Bogor canangkan Program UMKM Naik Kelas

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024