Jakarta (ANTARA) - Timnas Argentina akan menghadapi Timnas Ekuador dalam babak perempat final Copa America 2024 di Stadion NRG, Houston, Texas, Jumat pagi pukul 08.00 WIB.
 
Ini merupakan langkah pertama bagi Argentina mempertahankan gelar Copa America setelah sebelumnya mereka keluar sebagai juara pada tahun 2021 silam di Brasil.
 
Menjelang pertandingan ini, Argentina tentu diunggulkan untuk melaju ke semifinal, namun tentu saja Ekuador tak ingin hanya sekedar lewat pada turnamen kali ini.
 
Argentina dalam motivasi tinggi
 
Skuad asuhan Lionel Scaloni kini tengah dalam motivasi tinggi untuk menyingkirkan Ekuador, terlebih mereka mencatatkan diri sebagai juara Grup A.
 
Argentina tercatat mampu menyapu bersih semua pertandingan di Grup A dengan mengalahkan Kanada, Chile serta Peru. Selain itu, penyerang mereka Lautaro Martinez kini menempati peringkat pertama daftar pencetak gol terbanyak dengan empat gol.
 
Selain hal-hal tadi, Argentina tentu ingin mempertahankan gelar Copa America dan menjadi juara beruntun. Hal ini sebenarnya bukan merupakan sebuah rekor baru, tapi diyakini mereka ingin menegaskan dominasinya di benua Amerika.
 
Gelar juara pada gelaran ini juga dapat mempertegas warisan untuk kapten Argentina Lionel Messi yang kini telah berusia 37 tahun dan banyak orang meyakini ini merupakan Copa America bagi La Pulga.
 
Menjelang pertandingan ini, Argentina tentu ingin melanjutkan tren positif mereka ketika berjumpa Ekuador, karena Albiceleste tercatat dominan terhadap La Tricolor.
 
Tercatat dari 40 pertemuan, Argentina dominan atas Ekuador dengan mencatatkan 24 kemenangan, 11 hasil imbang dan lima lainnya berakhir dengan kekalahan.
 
Pada lima pertemuan terakhir dari kedua negara, Argentina tercatat mengamankan empat kemenangan dan satu laga lainnya berakhir imbang.
 
Ketika Copa America edisi 2021 lalu, Argentina juga bertemu dengan Ekuador pada babak perempat final dan mereka mampu mengamankan kemenangan dengan skor 3-0 berkat gol-gol Rodrigo De Paul, Lautaro Martinez dan Lionel Messi
 
Sementara itu pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada laga persahabatan di mana Argentina mengalahkan Ekuador dengan skor tipis 1-0.
 
Berikut lima pertemuan terakhir Argentina vs Ekuador
 
(9/6/2024) Argentina 1 - 0 Ekuador (pertandingan persahabatan)
 
(7/9/2023) Argentina 1 - 0 Ekuador (Kualifikasi Piala Dunia 2026)
 
(29/3/2022) Ekuador 1 - 1 Argentina (Kualifikasi Piala Dunia 2022)
 
(3/7/2021) Argentina 3 - 0 Ekuador (Copa America 2021)

(8/10/2020) Argentina 1 - 0 Ekuador (Kualifikasi Piala Dunia 2022).
 
 

Baca juga: Kosta Rika menang atas Paraguay, namun tetap tersingkir dari turnamen

 
Halaman berikut: Misi balas dendam Ekuador

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024