Jakarta (ANTARA) - Live streaming saat ini sedang populer karena banyak digunakan masyarakat untuk beberapa tujuan, salah satunya untuk bermain gim.

Bermain gim saat ini bukan hanya sekadar sebuah hobi untuk menghilangkan penat. Hadirnya internet memunculkan banyak platform online yang menyediakan live streaming dari bermain gim bisa menghasilkan uang tambahan.

Biasanya, mereka yang bermain gim dengan menayangkan secara langsung lewat platform live streaming disebut game streamer. Adapun beberapa platform streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menyiarkan game streaming. Mulai dari YouTube Gaming, Twitch, Facebook Gaming, Streamlabs, Nimo TV dan yang lainnya.

Cara hasilkan uang dari live streaming game
Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara game streamer hasilkan uang:

Baca juga: Bisa jalankan game PC dan console, apa iPhone 15 cocok untuk gamers?

Baca juga: Samsung cari bakat gamers melalui Galaxy Gaming Academy


1. Donasi

Beberapa platform live streaming bahkan memiliki fitur kegiatan donasi ini karena paling mudah untuk mendapatkan uang. Donasi menjadi salah satu bentuk dukungan nyata dari para penonton yang rela mengeluarkan uang untuk para game streamer tetap melakukan live stream

2. Kerja sama merek atau sponsor

Menjadi seorang game streamer yang sudah punya banyak memiliki penonton dan berpengaruh kuat biasanya banyak dilirik oleh merek atau sponsor untuk melakukan kerja sama. Biasanya bentuk kerja sama yang ditawarkan berupa menyebut nama mereka saat live stream, memperkenalkan produk, sampai mengulas produknya saat bermain gim.

3. Biaya berlangganan

Selain melalui fitur donasi yang hanya datang saat live streaming, ada juga fitur biaya berlangganan yang hasilkan uang. Menonton gim secara live streaming bisa menjadi hiburan tersendiri untuk pencinta gim. Dengan fitur ini, game streamer bisa membuat konten khusus yang hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan. Hal ini biasanya dijadikan oleh game streamer untuk menarik para penonton setianya untuk berlangganan.

Untuk menjadi seorang game streamer terkenal, perlu mencitrakan dirinya seperti pilih game yang lagi trend, fokus pada satu game, punya pengetahuan luas soal game, serta menarik dan interaktif untuk mengajak penontonnya.

Baca juga: Gelaran TSA Game Fest kembangkan talenta gim Indonesia

Baca juga: Lima cara tingkatkan kecepatan WiFi bagi para gamers

Baca juga: Paket GamesMax Telkomsel tawarkan keuntungan bagi 'gamers'

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024