Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Komando Operasi (Satgas Koops) TNI Habema memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kampung Titigi Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto dalam keterangan dari  di Timika, Kamis, mengatakan bahwa Satgas Yonif Raider 509/Balawara Yudha Kostrad yang melaksanakan tugas Operasi pengamanan perbatasan (Opspamtas) mobil RI-PNG di Kabupaten Intan Jaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sela-sela pengamanan wilayah.

"Pada Kamis, 4 Juli 2024 tim patroli dan tim kesehatan Satgas Yonif 509 Kostrad menyambangi Kampung Titigi, Distrik Sugapa dan melakukan pelayanan kesehatan ke masyarakat setempat," katanya.

Menurut Lucky, pimpinan Pos Titigi Lettu Inf Erick Dakusa telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan patroli serta pelayanan kesehatan di kampung tersebut.

"Kampung Titigi merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap kemungkinan gangguan Organisasi Papua Merdeka (OPM)," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu Kampung Titigi membutuhkan perhatian khusus dalam bidang kesehatan, karena termasuk wilayah terpencil maka Satgas Yonif 509 Kostrad berinisiatif membantu kesulitan dan kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

"Jadi personel medis bersama peralatan kesehatan dan juga obat-obatan dibawa saat pelaksanaan patroli pengamanan wilayah, dan melayani masyarakat di sana," katanya lagi.

Masyarakat Titigi Matius Mujisau menambahkan, dirinya dan masyarakat kampung tersebut sangat senang dan terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan langsung dari Satgas Yonif 509 Kostrad.

"Terima kasih bapak dokter tentara, kami senang sekali diperiksa dan mendapatkan obat, Tuhan memberkati selalu," katanya.
Baca juga: Koops TNI Habema bangun PLTA di Mapenduma 
Baca juga: Satgas TNI Habema gelar Hari Berkat di Nduga
Baca juga: Satgas TNI Habema bagikan makanan kepada masyarakat Sinak

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024