Jakarta (ANTARA) -
Penderita insomnia biasanya mengalami kesulitan untuk bisa tertidur pulas dengan cepat. Perlu waktu lama untuk dapat mulai tidur dan sering kali terbangun setelah berhasil tidur walau durasinya singkat.
 
Dampak dari insomnia tentu saja sangat mengganggu kesehatan juga mental penderita, sehingga penderita insomnia sangat disarankan untuk cepat mengatasi kondisi ini.
 
Tidak jarang penderita insomnia mengonsumsi obat tidur untuk membantu mereka agar dapat terlelap. Namun sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya penderita mencoba sejumlah cara sehat berikut supaya dapat tidur dengan nyenyak dan kualitas hidup meningkat.
 
1. Waktu tidur yang konsisten
Menjaga waktu tidur yang konsisten adalah langkah pertama untuk mengatasi insomnia. Cobalah untuk tidur selama enam sampai tujuh jam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Hal ini membantu mengatur jam biologis tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.
 
2. Ruangan tidur yang nyaman
Ruangan tidur yang nyaman memainkan peran penting untuk tidur yang nyenyak. Pastikan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan sejuk. Supaya suhu ruangan tetap terjaga, tutuplah tirai agar cahaya matahari tidak masuk. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk mendukung postur tubuh yang baik selama tidur.
 
3. Rutin berolahraga
Salah satu cara efektif untuk mengatasi insomnia adalah rutin berolahraga pada pagi atau sore hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cobalah dengan olahraga ringan yang dapat disesuaikan dengan jadwal harian Anda.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti plank, lari, bersepeda, berenang, yoga, peregangan otot, dan lainnya. Seiring waktu, tingkatkan kapasitas olahraga Anda setelah tubuh mulai terbiasa.
 
4. Kelola stres dengan baik
Stres adalah penyebab umum insomnia. Lakukan teknik mengatur stres, seperti pernapasan dalam, yoga, atau konseling, dapat membantu meredakan pikiran yang cemas dan memudahkan Anda untuk tertidur. Mulailah untuk selalu berpikir tenang dan positif agar pikiran anda selalu rileks dan tidak merasa tertekan.
 
5. Hindari kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol adalah dua zat yang dapat mengganggu pola tidur. Hindarilah konsumsi alkohol, kopi, teh, dan minuman ringan berkafein, terutama di sore hari dan menjelang tidur.
Minuman tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga, sehingga sulit tidur di malam hari. Sebagai gantinya, pilihlah susu atau air putih untuk pilihan yang lebih sehat.
 
Inti dari cara mengatasi insomnia adalah ubah pola hidup menjadi lebih teratur. Dengan memiliki pola hidup yang baik, tubuh Anda akan tetap terjaga kesehatan fisik dan mental.
 
Mengatasi insomnia memang membutuhkan usaha dan konsistensi, tetapi hasilnya sepadan dengan kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik.
 
Lakukan 5 cara tersebut untuk mengatasi dari insomnia. Jika butuh perawatan medis, segera datang ke dokter terpercaya untuk mendapatkan tindakan yang tepat.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024