Jakarta (ANTARA/JACX) – Turnamen EURO 2024 yang diikuti oleh 24 negara telah resmi dimulai sejak 15 Juni 2024 lalu, dengan Jerman sebagai negara tuan rumah. 

Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan Polisi Jerman meminta suporter inggris untuk menghisap ganja saat menonton pertandingan Euro di Jerman.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Cegah ribut, polisi Jerman minta fans Inggris merokok ganja selama Euro 2024”

Namun, benarkah polisi Jerman minta supporter merokok ganja di Euro 2024?

 

Unggahan yang menarasikan Polisi Jerman minta supporter merokok ganja di Euro 2024. Faktanya, pernyataan tersebut telah dibantah oleh polisi Jerman. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, polisi Jerman membantah klaim bahwa penggemar dapat merokok ganja di dalam tempat Euro 2024. Menurutnya, laporan itu datang sebagai akibat dari salah mengutip petugas mereka.

Sebelumnya, Juru bicara dilaporkan menyarankan para pendukung dari Serbia dan Inggris untuk menahan diri dari konsumsi alkohol yang berlebihan dan sebagai gantinya menyarankan penggunaan ganja. Hal itu dilakukan dengan alasan ganja menurutnya ganja dapat membuat suasana yang lebih santai sedangkan alkohol berpotensi membuat agresif.

"Polisi akan memastikan keamanan penggemar selama Kejuaraan Sepak Bola Eropa dan akan menanggapi kelompok agresif yang bertindak sebagai pembuat onar, terlepas dari minuman keras," komandan Polisi Peter Bothstated, dilansir dari Marca.

Polisi Gelsenkirchen juga mengonfirmasi bahwa merokok ganja di dalam zona penggemar dan stadion tidak diizinkan.

Klaim: Polisi Jerman minta supporter merokok ganja di Euro 2024

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Cek fakta, terdapat atribut bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda di Euro 2024

Cek fakta: Cek fakta, Jerman kenakan denda Rp84 juta bagi suporter yang gunakan jersei palsu

Baca juga: Ronaldo berburu gol pertamanya dalam Euro 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024