Yang terpenting komitmen bersama dari semua unsur masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, dan agama untuk memberantas tawuran yang kian marak di wilayah Kecamatan Johar Baru dan di beberapa lokasi wilayah Menteng, Jakarta Pusat.
 
"Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota (Kesbangpol) sudah menggelar dialog interaktif mencegah tawuran melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, serta tokoh agama di Kecamatan Johar Baru dan Menteng. Kita harapkan mereka menjadi agen perubahan dan pionir untuk mencegah tawuran," kata Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Denny Ramdany di Jakarta, Kamis.
 
Denny berharap seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dapat memahami tugas, pokok, dan fungsi untuk bergerak bersama  menciptakan kerukunan. Selain itu, kehadiran mereka penting juga untuk mendeteksi sejak dini gejala tawuran dan berusaha mencegah dengan mengedepankan musyawarah.
 
Menurut Denny, jika semua pihak terkait memiliki kesadaran yang sama dan bergerak secara terpadu, kejadian tawuran dan angka kriminalitas di Jakarta Pusat bisa diantisipasi.
 
"Semua jenis tawuran atau kegiatan kriminalitas bisa kita tekan. Yang terpenting komitmen bersama dari semua unsur masyarakat," tegas Denny.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meningkatkan peran RT dan RW di lingkungan setempat untuk mengantisipasi dan menjaga wilayah Jakarta dari tawuran selama libur sekolah.
 
"Ya harus bersama-sama tokoh masyarakat juga menjaga, RT dan RW untuk juga menjaga wilayahnya agar terhindar tawuran," kata Heru usai menghadiri acara sembako murah di RPTRA Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (1/7).
 
Heru menyebutkan, orang tua juga memiliki peran dalam mencegah anaknya terlibat tawuran, apalagi saat libur sekolah. Seperti mengajak anak mengikuti kegiatan positif dibandingkan kumpul-kumpul tidak jelas.
 
Adapun Kepolisian memfokuskan patroli malam hingga dini hari di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk mencegah tawuran dan kejahatan jalanan bahkan menangani kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).
 
Kasus terbaru, kepolisian menyelidiki aksi tawuran antar pelajar yang terjadi di Jalan Kampung Rawa Selatan, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Senin (1/7) pukul 05.45 WIB.
Baca juga: Polisi selidiki aksi tawuran remaja di Kawasan Johar Baru
Baca juga: Heru tingkatkan peran RT-RW guna antisipasi tawuran saat libur sekolah
Baca juga: Tawuran warga kembali terjadi di kawasan Bassura Jakarta Timur

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024