Beijing (ANTARA) - Para taikonaut Shenzhou-18, yang berada di stasiun luar angkasa China yang sedang mengorbit, telah merampungkan aktivitas di luar wahana antariksa, atau yang dikenal sebagai spacewalk, kedua mereka pada Rabu (3/7) pukul 22.51 Waktu Beijing atau pukul 21.51 WIB, demikian disampaikan Badan Antariksa Berawak China CMSA.

Taikonaut Ye Guangfu, Li Cong, dan Li Guangsu bekerja selama sekitar 6,5 jam untuk menyelesaikan berbagai tugas, dengan Li Guangsu tetap berada di dalam stasiun luar angkasa. Dengan bantuan lengan robotik stasiun luar angkasa dan tim peneliti di Bumi, mereka memasang perangkat perlindungan puing-puing antariksa untuk jalur pipa, kabel, dan peralatan utama di luar stasiun luar angkasa Tiangong, serta melakukan inspeksi di luar wahana antariksa.

Ye Guangfu dan Li Cong, yang ditugaskan untuk melakukan spacewalk, telah kembali dengan selamat ke modul laboratorium Wentian.
 
   Tangkapan layar Beijing Aerospace Control Center menunjukkan taikonaut Li Cong (atas) dan Ye Guangfu melakukan aktivitas di luar angkasa, 3 Juli 2024. (ANTARA/Xinhua/Guo Zhongzheng)


Ketiga taikonaut tersebut telah menyelesaikan sepertiga dari misi perjalanan luar angkasa selama enam bulan dan dijadwalkan untuk melakukan sejumlah besar eksperimen ilmiah dan uji teknologi di orbit, kata CMSA.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024