Jakarta (ANTARA) - Retinol kini menjadi salah satu produk favorit yang dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit wajah lantaran memiliki segudang manfaat.

Retinol, turunan dari vitamin A, dijuluki "vitamin A dalam bentuk kosmetik", karena kemampuannya merawat kulit wajah.

Berikut adalah manfaatnya untuk perawatan wajah:

1. Melawan tanda-tanda penuaan dini

Salah satu manfaat utama retinol adalah kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen, protein yang memberikan kekenyalan dan elastisitas kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, ia membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki tekstur kulit.

Manfaat retinol untuk menghilangkan garis halus di wajah bisa terasa dalam dua-tiga bulan pemakaian. Selain itu, ia juga dapat menstimulasi regenerasi sel kulit dan meningkatkan tekstur kulit untuk membuat wajah terlihat lebih cerah dan rata.

2. Mencegah jerawat

Retinol memiliki manfaat penting dalam mengatasi jerawat karena sifatnya yang mengatur pengelupasan kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan. Ia bisa merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat, membantu mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Selain itu, senyawa aktif tersebut juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat memicu perkembangan jerawat. Dengan efek antiinflamasi yang dimilikinya, retinol membantu mengurangi kemerahan dan peradangan.

Untuk mengatasi jerawat, oleskan satu-dua tetes retinol pada area wajah yang bermasalah.

3. Menyamarkan bekas luka

Jika memiliki garis-garis bekas luka, retinol adalah pilihan yang tepat karena bisa menyamarkan. Skincare yang mengandung senyawa aktif itu juga bisa dipilih jika ingin memudarkan noda hitam pada wajah.

4. Mengecilkan pori-pori

Sifat retinol dapat mengatur produksi minyak membuat pori-pori wajah mengecil. Jika pori-pori mengecil, wajah akan terlihat mulus dan halus.

Dengan kemampuannya merangsang produksi kolagen, senyawa itu juga membantu mengencangkan kulit di sekitar pori-pori.

5. Mencerahkan kulit

Kandungan skincare yang sedang populer itu juga dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi serta bintik-bintik gelap akibat paparan sinar matahari. Jika skincare yang mengandung retinol digunakan secara rutin, maka seseorang bisa mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

Kulit di sekitar mata, yang sangat tipis dan sensitif, juga bisa mendapatkan manfaat jika dirawat dengan krim mata yang mengandung retinol, yang bisa menyamarkan kerutan dan garis halus serta mencerahkan kulit di sekitar mata.

Agar perawatan wajah dengan retinol menjadi maksimal, konsultasikan kebutuhan penggunaannya dengan ahli kulit dan gunakan sesuai rekomendasi ahli.

Pewarta: Maria Oktaviana
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024