Aspirasi dan partisipasi anak merupakan satu hal yang penting untuk diakomodasi oleh orang dewasa, termasuk pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga memberikan motivasi dan dorongan kepada anak-anak agar terus bersemangat dalam menggapai cita-cita, termasuk kepada anak-anak yang tengah menjalani pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

"Kalian masih punya masa depan. Walaupun hari ini kalian ada di LPKA, mudah-mudahan ini menjadi catatan penting bagi kalian untuk menjadi jauh lebih baik lagi. Hal yang menjadi cita-cita kalian tidak mungkin tertutup, kesempatan dan peluang masih ada. Kalian semua harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, mendengarkan arahan pendamping, serta melakukan inovasi dan kreativitas," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menteri Bintang: Dengarkan suara anak bagian dari pemenuhan hak anak

Hal itu dikatakannya saat melakukan Jelajah Sapa (Sahabat Perempuan dan Anak) jelang peringatan Hari Anak Nasional 2024.

Pihaknya menyapa secara langsung anak-anak TK Inspirasi Indonesia, di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menteri PPPA juga terhubung secara daring dengan anak-anak di 10 lokasi lainnya, yaitu Komunitas Kelas Jurnalis Cilik Kampung Nelayan Cilincing Jakarta Utara, SD Dinamika Indonesia Bekasi, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Jakarta, LPKA Tangerang, Kampung Pemulung Cinere Depok, Sekolah KAMI Bekasi, Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Tangerang Selatan, Sekolah Darurat Kartini Jakarta Utara, Sekolah Rakyat Ancol Jakarta Utara, dan Yayasan Vina Smart Era Foundation Jakarta Barat.

Baca juga: Menteri Bintang serahkan bantuan spesifik anak di 11 titik Jabodetabek

Tidak hanya bertanya dan menyampaikan berbagai harapan, anak-anak di seluruh lokasi pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menampilkan hasil karyanya kepada Menteri PPPA.

Bintang Puspayoga mengatakan, aspirasi dan partisipasi anak merupakan satu hal yang penting untuk diakomodasi oleh orang dewasa, termasuk pemerintah.

Pasalnya, hal ini merupakan salah satu wujud pemenuhan hak anak.

Baca juga: Menteri Bintang ajak perempuan Indonesia menjadi hebat dan inspiratif

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024