....Terbukti dalam 3 hari pameran seluruh produk yang jumlahnya ratusan habis terjual tanpa sisa, ...
Batam (ANTARA) - Rumah BUMN Batam memperkenalkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kepulauan Riau di pasar global dalam perhelatan akbar bertajuk “Muhibah Budaya Jalur Rempah” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek di Kota Melaka, Malaysia.

CEO Muda Rumah BUMN Batam Goklas Michael dalam keterangan yang diterima di Batam, Kamis, mengatakan dalam kegiatan ini, Rumah BUMN Batam juga sekaligus menjual produk mitra binaan unggulan yang terdiri dari produk makanan ringan dan kerajinan tangan khas Melayu kepada pengunjung dari berbagai negara.

Ia menambahkan keikutsertaan Rumah BUMN Batam dalam acara berskala internasional ini merupakan wujud dukungan dari Kementerian BUMN melalui untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

“Kami sangat antusias memperkenalkan produk-produk unggulan binaan kami kepada para pengunjung yang hadir dalam acara ini. Antusias pengunjung terhadap produk makanan dan kerajinan tangan yang kami bawa dalam kegiatan ini sangatlah luar biasa. Terbukti dalam 3 hari pameran seluruh produk yang jumlahnya ratusan habis terjual tanpa sisa, ini semakin meyakinkan kami bahwa produk UMKM binaan Rumah BUMN Batam digemari oleh masyarakat mancanegara,” kata Goklas.

Baca juga: BI sebut kegiatan KKSU untuk tingkatkan kualitas produk UMKM

Menurutnya, dengan acara seperti ini produk UMKM binaan Rumah BUMN Batam dapat dikenal di pasar global.

Kata Goklas, keikutsertaan Rumah BUMN Batam dalam kegiatan “Muhibah Budaya Jalur Rempah” tentunya didukung oleh berbagai pihak yang memiliki prioritas sangat luar biasa dalam memajukan UMKM di Kepri.

“Kami dari Rumah BUMN Batam mengucapkan banyak terima kepada bapak Menteri Erick Thohir yang selalu berkomitmen untuk mengembangkan UMKM Indonesia agar go global melalui Rumah BUMN yang ada di seluruh Indonesia," ujar dia.

Selain itu, ia menyampaikan dukungan dari berbagai BUMN seperti Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Telkom, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), serta KJRI Johor Bahru juga sangat berimpact sekali terhadap keberlangsungan pelaku UMKM di Kepulauan Riau.

Baca juga: Pemkot Surabaya dan IKA ITS sasar 1.000 UMKM dapat sertifikat halal

CFO Muda Rumah BUMN Batam Galih Geraldi mengatakan Rumah BUMN Batam akan terus berkomitmen dalam memajukan UMKM di Kepri melalui berbagai macam pengembangan serta pembinaan.

Menurutnya, dengan terwujudnya UMKM Indonesia yang kuat dan maju, roda perekonomian Tanah Air pun akan semakin menggeliat.

“Rumah BUMN Batam merupakan sebuah one stop solution bagi pelaku UMKM yang berada di Kepulauan Riau. Karena, fungsi dan tugas utama kami ialah memberikan pelatihan serta pembinaan baik soft skills maupun hard skills agar terwujud UMKM yang maju serta berdaya saing global. Lebih dari itu, untuk memperkuat permodalan dari masing-masing UMKM Rumah BUMN Batam juga dapat memberikan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM melalui perbankan BUMN yang berada di Kepulauan Riau," kata Galih.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024