Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono membahas kerja sama dalam memperkuat pertahanan udara dengan Commander of the Turkish Air Force, General Ziya Cemal Kadıoğlu dalam kunjungan kehormatan atau Courtesy Call di Turkish Air Force Headquarter, Ankara, Senin (1/7)

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Kamis, dijelaskan bahwa pembahasan kerja sama itu dilakukan dalam rangka memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki melalui kerja sama militer.

Kerja sama militer itu dapat berupa latihan bersama, pertukaran prajurit untuk pendidikan hingga pertukaran ilmu pengetahuan tentang teknologi alat utama sistem senjata (alutsista).

Tidak hanya membahas soal kerja sama militer, kedua belah pihak juga membahas soal isu pertahanan udara di masing-masing teritorial.

Dengan adanya kunjungan tersebut, Tonny berharap hubungan militer antara Indonesia dan Turki bisa terus terjalin dengan baik.

Sebelumnya, Tonny juga melakukan beragam kegiatan saat menunaikan kunjungannya ke Turki. Salah satunya yakni mengunjungi Baykar Technology, Istanbul, Turki untuk mempelajari teknologi pesawat nirawak dan kecerdasan buatan, Sabtu (29/6).

Untuk diketahui, Baykar Technologies merupakan perusahaan pengembang teknologi pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan teknologi kecerdasan buatan yang berperan penting dalam mendukung kemampuan pertahanan Turki.

Dalam kunjungannya KSAU dan seluruh jajaran TNI AU mendengarkan paparan dari pihak Baykar tentang teknologi pesawat nirawak yang mereka miliki.

KSAU berkesempatan untuk menyaksikan beragam simulasi teknologi melalui demonstrasi penerbangan Bayraktar Akinci.

Baca juga: TNI AU kunjungi Turki untuk pelajari teknologi pesawat nirawak
Baca juga: KSAU sambangi Prancis pelajari teknis pesawat tempur Rafale
Baca juga: KSAU kunjungi pejabat militer Singapura bahas kerja sama pertahanan

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024