Kalau melihat apa yang kami tinjau tadi, Alhamdulillah, ketersediaan kita dalam kondisi aman....
Kota Bogor (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas)/ National Food Agency (NFA) memastikan ketersediaan komoditas pangan di Pasar Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, dalam kondisi aman.

Hal itu disampaikan Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan pada Bapanas, Anas Yalitoba, seusai meninjau Pasar Bogor pada Kamis, sesuai arahan Kepala Bapanas untuk mencukupi ketersediaan dan keanekaragaman konsumsi keamanan pangan, di wilayah Jabodetabek.

Anas mengatakan memastikan ketersediaan pangan pokok merupakan hal yang penting. Di samping ketersediaan, keamanan pangan juga menjadi perhatian utama sehingga dilakukan uji laboratorium terhadap beberapa sampel komoditi pangan.

“Kalau melihat apa yang kami tinjau tadi, Alhamdulillah, ketersediaan kita dalam kondisi aman. Harga juga demikian, yang tadinya tinggi sekarang sudah mulai turun,” kata Anas.

Baca juga: Ombudsman dan Bapanas monitoring bantuan pangan di Aceh

Dari hasil peninjauan, harga cabai berada di angka Rp45 ribu, cabai rawit merah Rp50 ribu, beras premium Rp16 ribu per kilogram, beras medium Rp10 -11 ribu per kilogram, daging sapi stabil di Rp150 ribu per kilogram

“Kalau harga tadi, beberapa komoditi sesuai yang kami tinjau turun. Kecuali Minyakita, agak naik Rp1 ribu dari labelnya naik Rp1 ribu. Yang lainnya di bawah rata-rata,” jelasnya.

Baca juga: Bapanas pastikan beri penjaminan keamanan pangan segar

Anas pun mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menjaga harga dan ketersediaan pangan di wilayahnya. Sedangkan Bapanas hanya melakukan manajemen ketersediaan dan manajemen keamanan panga.

“suport lain tentunya dari hulu. Ini apa yang diupayakan hulu kepada pasar juga, Alhamdulillah hari ini cukup baik. Apa yang menjadi tujuan kita hari ini, hasilnya luar biasa,” ujarnya. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024