Beijing (ANTARA) - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional (National Disease Control and Prevention Administration/NDCPA) China merilis surat edaran tentang penggandaan upaya untuk mencegah dan mengendalikan penyakit skistosomiasis saat musim banjir tahun ini.

Institusi tersebut menargetkan sejumlah upaya yang mampu secara efektif membendung kemunculan dan mewabahnya penyakit menular tersebut.

Surat edaran itu meminta departemen respons penyakit setempat untuk bekerja sama dengan otoritas terkait dalam melakukan langkah-langkah yang terkoordinasi, cepat, dan tertarget seperti pembasmian cacing darah (blood fluke), pengelolaan ternak yang memadai, dan pekerjaan pemantauan demografi kunci.

Skistosomiasis yang merupakan penyakit menular Kelas B di China, dahulu lazim ditemukan di 12 daerah setingkat provinsi di cekungan Sungai Yangtze dan bagian selatan sungai itu. Infeksi terjadi setelah adanya kontak dengan air yang terkontaminasi larva cacing darah.

Ikhtisar "Healthy China 2030" yang dirilis pada 2016 menyerukan pemberantasan skistosomiasis di semua wilayah endemik secara nasional per 2030.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024