Jakarta (ANTARA) - Peresmian pabrik ekosistem baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) hingga soal penyelesaian perumahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) mewarnai pemberitaan bidang ekonomi kemarin.

Berikut ikhtisar beritanya:

Resmikan pabrik baterai EV, Jokowi tandatangani mobil Kona Electric

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani mobil Kona Electric untuk menandai peresmian pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Kendaraan berwarna putih tersebut ditandatangani Presiden Jokowi di bagian kap mobilnya, usai ia menyampaikan sambutan dan menandatangani dua prasasti peresmian pabrik.

Baca berita selengkapnya

Daftar lengkap besaran UMP 2024 di 38 Provinsi Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk tahun 2024. Kenaikan UMP ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023, yang merupakan revisi dari PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

UMP di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah provinsi (pemprov) atau gubernur berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi. Pengumuman UMP dilakukan paling lambat pada 21 November setiap tahunnya dan mulai berlaku pada 1 Januari tahun berikutnya.

Baca berita selengkapnya

Presiden: RI mulai babak baru jadi pemain global ekosistem EV

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia telah memulai babak baru dalam meletakkan tonggak komitmennya untuk menjadi pemain global di ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV), melalui peresmian ekosistem baterai dan kendaraan listrik di Indonesia.

"Hari ini kita telah memulai babak baru dalam meletakkan sebuah tonggak komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem EV, sel baterai dan electric vehicle," kata Presiden Jokowi dalam peresmian ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia yang dilakukan di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Baca berita selengkapnya

Kadin rekomendasikan Pemerintah bentuk satgas berantas impor ilegal

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI merekomendasikan kepada pemerintah untuk membentuk Satgas Pemberantasan Impor Ilegal dan Penerbitan Barang Impor Ilegal di tengah kabar yang menyebutkan soal potensi meningkatnya produk impor ke domestik.

"Kadin Indonesia berharap jalur masuk ilegal (illegal import) yang marak menjadi jalur masuk ke pasar dalam negeri dapat ditindak dengan tegas. Kami merekomendasikan pemerintah untuk membentuk satgas pemberantasan impor ilegal dan penertiban barang impor ilegal," kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi dalam pernyataan yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca berita selengkapnya

OIKN: PUPR bangun rumah warga terdampak pembangunan Kota Nusantara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan rumah untuk hunian warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur yang terdampak pembangunan Kota Nusantara.

Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin di Penajam, Rabu, mengatakan Kementerian PUPR sudah menyusun rencana pembangunan rumah tapak dan rumah susun (rusun) untuk relokasi warga terdampak pembangunan Kota Nusantara.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024