Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat secara resmi menerima Ibu Kota Nusantara (IKN ) sebagai anggota KONI yang baru dan sudah dapat bertanding di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

Selain juga menerima IKN sebagai anggota KONI, KONI Pusat juga mengumumkan bahwa terdapat tiga cabang olahraga baru yang akan tergabung yakni teqball, lari trail dan padel. Tiga cabang olahraga tersebut nantinya juga telah masuk dalam cabang olahraga ekshibisi PON 2024.

"Saya optimistis PON akan berjalan sukses dari PON-PON sebelumnya. Dari rangkaian keputusan tadi, kita baru menerima satu anggota KONI baru yaitu KONI IKN dan tiga cabor yaitu teqball, lari trail dan padel,” kata Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman dalam Rakernas KONI yang berlangsung di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Marciano harap PON 2024 hasilkan atlet yang pecahkan rekor nasional

Selain menerima KONI IKN dan tiga cabang olahraga baru, dalam Rakernas KONI juga membuahkan salah satunya mengenai optimalisasi yang harus dilakukan oleh Panitia Besar PON Aceh-Sumut dalam pergelaran PON Aceh-Sumut 2024.

Panitia Besar PON Aceh-Sumut mendapatkan tugas untuk mengundang technical delegate (TD) guna memastikan seluruh venue telah rampung dan siap digunakan sesuai dengan arahan TD. Adapun deadline kehadiran TD sebelum delegation registration meeting (DRM).

Deadline tersebut bertujuan untuk memberikan tenggat agar venue bisa tersertifikasi karena pemecahan rekor nasional di semua cabang olahraga tidak dapat diakui rekornya tanpa venue yang tersertifikasi.

PON Aceh-Sumut 2024 nantinya mempertandingkan 33 cabang olahraga yang akan dilangsungkan di provinsi Aceh. Total 43 disiplin dan 515 nomor pertandingan dihelat pada venue yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota. Nantinya sekitar 6854 atlet akan berlaga di Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Tenggara.

Lalu di Sumut mempertandingkan 34 cabang olahraga, dengan 46 disiplin, 527 nomor pertandingan di 37 venue di 10 kabupaten/kota. Sekitar 6281 atlet, 3142 ofisial dan 5600 panitia pelaksana yang tersebar di Kota Binjai, Kota Medan, Kab. Langkat, Kab. Deli Serdang, Kab. Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kab. Toba, Kab. Simalungun, Kab. Karo, Kab. Samosir.

Baca juga: Menpora harap berlangsungnya Rakernas KONI bisa fokus bahas PON

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024