Kami juga melibatkan 1.200 personel dalam kegiatan ini, serta memperlihatkan peralatan guna kesiapan penanggulangan bencana karhutla
Palembang (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumetera Selatan M Iqbal Alisyahbana menyebutkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dijadwalkan hadir di kegiatan apel Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Untuk Penanganan Bencana Karhutla 2024 yang akan dilaksanakan di Palembang, Sumsel, pada 19 Juli 2024.

"Insyaallah tahun pak Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga akan menjadi pimpinan Apel, karena pada waktu bersamaan hadir di Sumsel untuk kegiatan yang lain, " kata Iqbal di Palembang, Rabu.

Baca juga: BPPIKHL lakukan penyekatan di lokasi karhutla di Sungai Rengit

Ia menjelaskan, dalam apel tersebut sebanyak 1.200 personel gabungan, mulai dari TNI/Polri, Basarnas, DLHP, BPPIKHL Wilayah Sumatera dan OPD Lingkup Pemprov Sumsel.

"Kami juga melibatkan 1.200 personel dalam kegiatan ini, serta memperlihatkan peralatan guna kesiapan penanggulangan bencana karhutla," jelasnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya mengupayakan pencegahan karhutla yang dilakukan dengan memasifkan sosialisasi ke masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Baca juga: APRIL Group umumkan periode rawan karhutla di Pangkalan Kerinci

"Kami akan lebih aktif lagi untuk pencegahannya dan apabila terjadi kebakaran baik TNI maupun BPBD siap memadamkan api," ujarnya.

Selain itu, dalam beberapa waktu dekat bantuan helikopter yang dipergunakan untuk water boombing dan patroli dari BNPB untuk Sumsel segera tiba di Palembang.

"Melihat kondisi luasan wilayah Sumsel, kami membutuhkan dua unit helikopter untuk patroli dan delapan helikopter water boombing. Hal ini tentunya akan melihat situasi kondisi kedepannya apabila dibutuhkan lagi kami akan meminta lebih banyak lagi," kata Iqbal.

Baca juga: TN Baluran Situbondo dirikan posko penanganan kebakaran hutan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024