Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap dengan berlangsungnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bisa fokus membahas Pekan Olahraga Nasional Aceh Sumatera Utara 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Dito saat membuka Rakernas KONI yang membawa tema “Dengan Semangat Bersatu Kita Juara, Sukseskan PON XXI/2024 Aceh-Sumut” berlangsung di Jakarta, Rabu.

“Pada Rakernas kali ini, kami berharap penyelenggaraan PON Aceh-Sumut tahun 2024 menjadi fokus bersama antara pemerintah, KONI dan juga seluruh cabang olahraga. Dua minggu lalu saya bersama dengan Pak Marciano hadir dalam Rapat Terbatas memberikan jaminan kepada Bapak Presiden bahwa PON Aceh-Sumut Tahun 2024 tetap berjalan sesuai waktu dan juga sukses penyelenggaraan,” kata Menpora Dito dalam keterangan resmi KONI Pusat.

PON Aceh-Sumut 2024 merupakan PON pertama yang dilangsungkan di dua provinsi sejak PON edisi pertama I tahun 1948 di Kota Surakarta, dan menjadi PON pertama yang diikuti oleh provinsi terbanyak yakni 38 provinsi termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan juga ditambah kehadiran Ibu Kota Negara (IKN).

Menpora berpesan agar Field of Play tidak boleh ada kesalahan. Di samping itu, menteri termuda dalam kabinet tersebut juga menegaskan agar memberikan perhatian terhadap medis.

“Tenaga medis di setiap venue harus dipersiapkan dengan matang agar reaksi cepat/ tindakan cepat jika ada kondisi yang tidak kita inginkan,” pesan Dito.

Dito juga menyampaikan agar poin krusial di rakernas kali ini agar KONI Pusat mampu mendorong agar federasi-federasi olahraga di Indonesia fokus dalam pembinaan atlet usia dini dan bisa memanfaatkan kolaborasi dengan adanya Cibubur Youth Elite Sport Center.

“Tadi saya sudah sampaikan beberapa poin krusial dimana pada rakernas ini kita berharap, pertama KONI mendorong agar federasi nasional olahraga fokus pembinaan usia dini dimana nantinya bisa kolaborasi menggunakan Cibubur Youth Elite Sport Center yang tahun ini siap digunakan,” kata Dito. Ketum KONI Pusat menjelaskan bahwa pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 harus dipersiapkan dengan maksimal.

“Dari penekanan Menpora tadi, kami ingin menekankan dengan pimpinan cabang olahraga, dengan KONI Provinsi yang mengirimkan atletnya ke Aceh dan Sumatera Utara serta Panitia Besar (PB) PON XXI Aceh dan Sumatera Utara agar pada 8 September hingga 20 September 2024 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Ketum KONI Pusat, Marciano Norman.


Baca juga: Ketua Umum KONI pastikan PON 2024 digelar sesuai agenda
Baca juga: Perwakilan Kemenpora tinjau persiapan lokasi pertandingan PON XXI 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024