Jumlah haji yang tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sebanyak 320 orang bersama petugas haji dan kesehatan
Banjarmasin (ANTARA) -
Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin  Muhammad Tambrin menyampaikan, sebanyak 2.556 haji embarkasi-nya sudah dipulangkan ke tanah air dari Arab Saudi.
 
"Hari ini Kloter 08 sudah tiba, hingga total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang pulang sebanyak 2.556 orang," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Ketua PBNU nilai usulan pembentukan Pansus Haji kental nuansa politik
 
Menurut dia, Kloter 08 berisi jamaah haji gabungan dari beberapa daerah, yakni Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Tabalong dan Palangkaraya, Kalteng.
 
"Jumlah haji yang tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sebanyak 320 orang bersama petugas haji dan kesehatan," ungkapnya.
 
Dengan datangnya jamaah haji Kloter 08 ini, ucap Tambrin, tinggal 11 Kloter yang masih di tanah suci Arab Saudi dengan total 3.194 orang.
 
"Kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin bertahap hingga 22 Juli 2024," tuturnya.
 
Adapun jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat pada musim haji 2024 ini, hingga kini sudah sebanyak sembilan orang, yakni sebanyak delapan orang wafat di Makkah dan satu orang wafat di pesawat penerbangan pulang.

Baca juga: Gubernur Gorontalo menyambut jamaah haji kloter 12
 
"Kita berdoa bersama agar semua jamaah haji yang masih di tanah suci sehat hingga pulang ke tanah air dan bisa kembali berkumpul bersama keluarganya, dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Dia pun berpesan kepada jamaah haji yang sudah kembali ke tanah air agar Selalu membangun komunikasi dengan tim kesehatan di debarkasi dan daerah ketika ada keluhan dan gangguan kesehatan pasca kepulangan.
 
"Kami menitip pesan untuk menjaga haji yang sudah dilaksanakan dengan menjaga, merawat dan melestarikan kemabruran haji," demikian katanya.
 
Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2024 ini memberangkatkan sebanyak 5.759 orang dalam 19 kloter dari dua provinsi, yakni Kalsel dan Kalteng.
 
Dengan rincian sebanyak 4.071 orang pada 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang pada lima kloter dari Kalteng.

Pewarta: Sukarli
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024