Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana dan Akhsan Ashardi/Jovita Aneira Prasma berhasil mengamankan tempat di 32 besar turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Rabu, Darren/Bernadine melaju ke babak kedua seusai mengalahkan wakil Chinese Taipe Yi-Hao Lin/Yan Fei Chen dengan dua gim langsung 21-13, 21-12.

Pasangan Darren/Bernadine yang memulai debut dipasangkan bersama pada BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 mengawali pertandingan dengan baik.

Sepanjang laga Darren/Bernadine mencoba menekan untuk bisa mengendalikan tempo permainan.

Pola tersebut membuat kesulitan pasangan Chinese Taipei mengembangkan permainan. Terlebih, Darren/Bernadine mendapat dukungan penuh fan GOR Amongrogo membuat wakil tuan rumah bisa menang dua gim langsung di laga ini.

"Dukungan suporter sangat mempengaruhi buat kami bermain. Kami merasa semangat dan termotivasi untuk meraih kemenangan," kata Darren dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kavitha, Dhinda, dan Sausan melaju ke babak kedua BAJC 2024

"Sejak awal laga kami mencoba untuk mengambil inisiatif penyerangan. Hal tersebut membuat lawan kesulitan mengembangkan permainan dan kami sepanjang laga bisa menguasai jalannya pertandingan."

Darren/Bernadine berharap permainannya bisa lebih konsisten, terlebih sudah menguasai arena pertandingan. Terlebih keduanya merasa kompak bermain di lapangan kendati baru memulai debut di turnamen ini.

"Kami pengin bermain lebih konsisten lagi. Adaptasi kami di lapangan sudah berjalan baik dan sekarang tinggal meningkatkan kekompakan serta mencoba beberapa strategi menyerang lainnya di lapangan," ujar Bernadine.

Di ganda campuran, Indonesia tercatat menurunkan tujuh wakil di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

Selain Darren/Bernadine, pasangan lainnya yang akan tampil yakni Andhika Wirapati/Laudya Chelsea Griselda, Ignasius Eric Christian/Medina Nazwa Yuniar, Muhammad Firza Attallah Putra Sungkono/Geraldine Alexandra Bolang, M. Nawaf Khoiriyansyah/Luna Rianty Saffana, Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia, dan Akhsan Ashardi/Jovita Aneira Prasma Hasya.

Baca juga: Bismo dan Ryan susul Ubed ke babak 32 besar BAJC 2024

Sementara itu, Akhsan/Jovita melangkah ke 32 besar turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 seusai mengalahkan wakil Macau China, Chio Chi Seng/Wong Lei Lan dengan dua gim langsung 21-9, 21-8.

Akhsan/Jovita mengaku senang bisa beradaptasi dengan baik di laga pertama. Menurut keduanya suasana arena pertandingan berubah kondisinya dari sebelumnya saat mencoba di latihan.

"Kami beradaptasi dengan baik di arena pertandingan. Suasananya berbeda dan kami bisa melewati pertandingan perdana di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 dengan meraih kemenangan. Hal ini memberikan saya motivasi untuk melangkah di babak berikutnya," kata Akhsan.

Kegemilangan Akhsan/Jovita tidak diikuti pasangan Muhammad Firza Attallah Putra Sungkono/Geraldine Alexandra Bolang, dan Andhika Wirapati/Laudya Chelsea Griselda.

Pasangan Firza/Geraldine harus mengakui keunggulan wakil Chinese Taipei, Po Yu Lai/Liang Ching Sun dengan skor 21-18, 19-21, 15-21.

Pada laga ini Firza/Geraldine kehilangan fokus seusai sempat unggul di gim pertama. Setelah unggul permainan Firza/Geraldine menurun sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri.

Hasil kurang apik juga didapat pasangan Andhika Wirapati/Laudya Chelsea Griselda yang terhenti langkahnya seusai menyerah di hadapan ganda campuran Korea Selatan, Cho Hyeon Woo/Kim Min Sun dengan skor 21-23, 18-21.

Pasangan Andhika/Laudya mengaku kurang sabar dalam menyerang sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri saat poin kritis.

Baca juga: Indonesia fokus ke individual usai jadi semifinalis BAJC 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024