Jakarta (ANTARA) - Servis AC rumah menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Selain menjaga fungsi optimalnya, servis AC perlu dilakukan untuk menjaga usia pemakaian yang lebih panjang dan menjaga perangkat tersebut tidak boros listrik.

Setiap jasa pelayanan perbaikan AC akan berbeda, tergantung dengan besarnya PK dan tempat jasa pelayanan tersebut. Kendala utama yang menyebabkan AC di rumah tidak dingin yang umum terjadi adalah freon.

Berikut harga estimasi perbaikan AC rumah yang tidak dingin sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Cucu dan tambah freon AC

Jenis pekerjaan meliputi pembersihan atau cuci AC dengan penambahan freon AC. Harga servis tambah freon AC adalah Rp225 ribu untuk type freon lama R22 dengan ukuran 1/2 – 1pk.

Untuk type freon terbaru adalah R32/R410A, harga paket tambah freon R32 dan R410A ditetapkan sebesar Rp325 ribu untuk ukuran 1/2 – 1pk. Namun, setiap wilayah maupun kota mungkin berbeda harga.

2. Harga servis isi freon AC

Jenis pekerjaan meliputi pembersihan atau cuci AC dengan pengisian freon AC. Harga servis dan isi freon AC adalah Rp 325 ribu untuk type freon lama R22 dengan ukuran 1/2 – 1pk.

Untuk pengisian freon AC type freon terbaru R32 dan R410A diwajibkan melakukan vacuum instalasi terlebih dahulu. Setiap wilayah maupun kota akan ada perbedaan harga.

Penyebab AC tidak dingin

1. Terjadi kerusakan atau freon habis

Freon dibutuhkan untuk memberikan suhu udara yang sejuk. Jadi ketika Anda merasa AC tidak dingin, Anda bisa melihat langsung bagian freon dan memeriksa apakah telah habis atau terjadi kebocoran.

2. Kondensor rusak
Salah satu penyebab fungsi AC tidak berjalan maksimal adalah adanya kerusakan pada bagian kondensor. Kondensor merupakan bagian pada alat pendingin ruangan membuang suhu panas hasil kerja kompresor. Kondensor harus dibersihkan secara berkala agar kebersihannya terjaga.

3. Besaran PK yang tidak sesuai dengan luas ruangan
Ukuran PK juga sangat berpengaruh dalam membuat suhu udara yang diberikan AC menjadi lebih sejuk di ruangan.  Besaran PK yang tidak sesuai membuat suhu udara di ruangan menjadi tidak maksimal.

Artinya, ukuran PK yang kecil namun ruangan terlalu luas membuat AC tidak kuat untuk memberikan suhu udara yang dingin.

4. Salah pengaturan remote
Beberapa pengguna AC terkadang kurang mengerti pengaturab suhu melalui remote AC. Untuk mendapatkan udara dingin dan sejuk, pengaturan remote AC bisa diaktifkan ke mode cool atau tanda bintang yang menyerupai bentuk es.

Hindari mode dry, karena mode ini hanya akan cocok saat udara di dalam ruangan terasa lembab atau di saat cuaca sedang dingin karena hujan. Selain itu pastikan kipas AC bekerja pada Fan 2 dan atur suhu pada rentang 20 – 22 derajat untuk mendapatkan dingin yang optimal.

5. Pintu atau jendela terbuka
Pintu atau jendela yang terbuka saat AC menyala dapat mempengaruhi suhu dan menghambat proses pendinginan ruangan karena udara hangat dari luar masuk ke dalam ruangan. 

6. Filter AC sudah kotor
Hal lain yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah filter AC yang sudah kotor karena penumpukan kotoran atau debu. Anda dapat mencuci sendiri filter AC yang sudah kotor atau menggunakan jasa cuci AC yang banyak tersedia.

Baca juga: Kiat menjaga kualitas udara di rumah, fitur AC sampai kipas exhaust

Baca juga: Panduan memilih PK AC yang tepat sesuai luas ruangan

Baca juga: AC mobil tidak dingin, biaya perbaikan mulai Rp400 ribuan

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024