Semarang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Semarang mengakui bahwa sejumlah sekolah dasar (SD) negeri masih kekurangan siswa dari daya tampung berdasarkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Kepala Disdik Kota Semarang Bambang Pramusinto, di Semarang, Rabu, mengatakan jumlah siswa yang diterima masih kurang dari daya tampung yang disediakan sejumlah SD negeri.

"Setelah pendaftaran SD selesai, kami menemukan pendaftar SD yang di bawah kuota, seperti di (Kecamatan, red.) Semarang Timur, Semarang Tengah, kemudian sebagian Semarang Selatan," katanya.

Menurut dia, kekurangan siswa di sejumlah SD negeri itu akan menjadi bahan evaluasi ke depan bagi Disdik Kota Semarang, termasuk membandingkan dengan PPDB tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Satu SDN di Solo baru dapat satu siswa pada PPDB 2023

Baca juga: Pemkab: Puluhan SD negeri di Bantul kekurangan siswa


"Kalau memang pendaftarnya sangat sedikit dan didata selalu seperti itu, kami evaluasi lakukan merger atau seperti apa. Kami sudah sampaikan juga ke Bu Wali Kota Semarang," katanya.

Dari laman PPDB Kota Semarang 2024, terlihat sejumlah SD negeri masih kekurangan siswa dari daya tampung yang disediakan, seperti SDN Karangtempel dengan pendaftar 16 orang dari daya tampung 28 kursi.

SDN Bugangan 02 hanya ada tujuh siswa dari daya tampung 28 kursi, SDN Bugangan 02 hanya ada 13 siswa dari daya tampung 28 kursi, kemudian SD Karangkidul dengan 10 siswa dari daya tampung 28 kursi.

Ada juga SDN Wonodri dengan 12 siswa dari 28 kursi, SDN Tambakrejo 03 dengan 12 siswa dari 28 kursi, dan masih ada sejumlah SD negeri lainnya yang jumlah siswanya masih belum memenuhi kuota yang disediakan.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB Kota Semarang 2024 Erwan Rachmat menegaskan tidak ada PPDB tahap kedua meski masih ada sekolah yang kekurangan siswanya pada tahun ajaran baru ini.

"Tidak ada pengumuman PPDB tahap kedua karena kan sudah diumumkan. Di situ ada cadangan, kalau tidak ada yang daftar ulang maka (cadangan, red.) akan mengisi kekosongan," katanya.

Diakuinya, memang ada sejumlah SD negeri yang masih kekurangan siswa, tetapi pihaknya tidak bisa memaksa masyarakat untuk memasukkan anaknya di sekolah-sekolah yang masih kurang siswa itu.

"Saya contohkan orang tinggal di Gunungpati, kemudian (sekolah, red.) yang masih kosong di Semarang Selatan. Orang Gunungpati disuruh mengisi sekolah di Semarang Selatan pasti tidak mau (karena jauh, red.)," katanya.

Yang jelas, kata dia, Disdik Kota Semarang akan melihat bagaimana respons masyarakat terlebih dulu, dan pastinya akan ada evaluasi terkait sekolah-sekolah yang kekurangan siswa itu.

"Kalau SMP (sekolah menengah pertama) tidak masalah. Kami juga pastikan (kekurangan siswa, red.) tidak akan mengganggu pembelajaran. Malah dengan jumlah sedikit, kualitas semakin meningkat," katanya.*

Baca juga: Sekolah kekurangan murid di Gunung Kidul kembali terima siswa

Baca juga: Puluhan SD Negeri di Madiun kekurangan siswa

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024