Jakarta (ANTARA) - Ukuran PK (paard kracht) pada pendingin ruangan (AC) sangat berpengaruh untuk memastikan suhu udara yang dikeluarkan telah sesuai dengan tingkat kesejukan yang Anda butuhkan.

Jika PK terlalu kecil, AC akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan. Di sisi lain, jika PK terlalu besar, hal ini dapat menyebabkan peningkatan tagihan listrik yang signifikan
.
Berikut adalah tips memilih besarnya PK, menyesuaikan dengan luas ruangan untuk memaksimalkan kinerja AC sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengukur luas ruangan

Tips pertama adalah mengukur luas ruangan yang akan didinginkan.

Ukur panjang dan lebar ruangan dalam meter, lalu kalikan kedua angka tersebut untuk mendapatkan luas ruangan dalam meter persegi (m²).

2. Menyesuaikan PK AC dengan luas ruangan

• PK 0.5 – 1 : cocok untuk ruangan kecil seperti kamar tidur atau ruang kerja hingga sekitar 10 m².
• PK 1 - 1.5 : ideal untuk ruangan sedang seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan luas sekitar 10-20 m².
• PK 1.5 – 2 : dianjurkan untuk ruangan yang lebih besar seperti ruang makan atau ruang keluarga besar dengan luas sekitar 20-30 m².
• PK 2 - 2.5 atau lebih : Diperlukan untuk ruangan besar seperti ruang rapat atau ruang keluarga yang sangat luas dengan luas lebih dari 30 m².

Memilih PK AC yang sesuai dengan luas ruangan adalah langkah yang penting untuk memastikan kenyamanan ruangan Anda.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat memilih AC yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik ruangan Anda. Menghindari PK terlalu kecil yang membuat AC bekerja keras atau PK terlalu besar yang mempengaruhi tagihan listrik Anda.


Baca juga: Kiat menjaga kualitas udara di rumah, fitur AC sampai kipas exhaust

Baca juga: Tips aman isi freon AC mobil di rumah
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024