Tasikmalaya, Jawa Barat (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) berkolaborasi bersama PT. Indofood memandirikan keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan dengan memberikan modal usaha untuk membuka warung Indomie (warmindo) keliling.
 
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyebutkan kolaborasi tersebut memberikan sebanyak 50 gerobak warmindo untuk wirausaha serta paket sembako bagi 25 KPM asal Kota Tasikmalaya dan 25 KPM asal Kabupaten Tasikmalaya.
 
“Kami menyerahkan bantuan yang dibantu oleh PT Indofood bagi masyarakat kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Kami memberikan pelatihan untuk mereka memproduksi yang bisa dijual. Nah, PT Indofood juga memberikan bantuan gerobak-gerobak,” kata Risma usai penyerahan secara simbolis paket bantuan kepada para KPM di Alun-alun Balai Kota Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Rabu.
 
Pada hari itu pihaknya memberikan pelatihan kreatif mengolah produk Indomie yang diikuti tidak hanya oleh para KPM, namun juga masyarakat umum sehingga jumlah pesertanya sebanyak 150 orang.
 
Usai mendapatkan pelatihan dan paket bantuan wirausaha, pihaknya akan konsisten memberikan pendampingan serta layanan konsultasi guna memastikan usaha warmindo para KPM berjalan.
 
Tidak hanya itu, Risma juga akan menyiapkan pelatihan manajemen keuangan untuk membantu mereka mengelola hasil keuntungan jualan masing-masing sehingga usahanya dapat berkelanjutan.
 
“Harapannya mereka bisa keluar menjadi lebih sejahtera dan tidak miskin lagi. Keluar dari kemiskinan dan itu sudah kita buktikan banyak yang bisa berhasil karena berwirausaha,” imbuhnya.
 
Selain para KPM, kegiatan penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh puluhan Tagana, karang taruna, anak-anak penyandang disabilitas, lembaga kesejahteraan sosial, pekerja sosial masyarakat hingga petugas dinas sosial (dinsos).
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024