Solo (ANTARA) - Sebanyak 142 tim dari 57 perguruan tinggi mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Ketua Dewan Juri Benyamin Kusumoputro mengatakan pada KRI 2024 kali ini ada tujuh divisi yang dilombakan.

Tujuh divisi robot yang dilombakan, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Baca juga: UMS ambil bagian pada pengembangan robot di Indonesia 

"Kami sebenarnya memang mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah venue yang bisa menampung tujuh divisi. Tahun ini kami beruntung karena UMS menawarkan diri menjadi tuan rumah," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada tahun 2003 pelaksanaan KRI hanya dilakukan untuk satu divisi. Selanjutnya, seiring dengan berjalannya waktu berkembang hingga tujuh divisi.

"Perkembangan ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada seperti dengan memanfaatkan artificial intelligence (kecerdasan buatan)," katanya.

Baca juga: UMM wakili Indonesia di Kontes Robot Amerika untuk ketiga kalinya

Terkait dengan pelaksanaan KRI 2024, menurut dia, juga bertujuan untuk bersilaturahim sekaligus kerja sama saling mencari ide dan pengalaman.

"Upaya ini dalam rangka memajukan pendidikan dan teknologi robotika di Indonesia," katanya.

Baca juga: Pakar: Robotika dukung sistem teknologi berbasis revolusi industri 4.0

Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat berkontribusi dalam menyiapkan generasi emas Indonesia 2045.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024