Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan hingga pertengahan 2024 telah memperbaiki 5.324 titik jalan untuk menambah kenyamanan pengguna jalan di wilayah tersebut.
 
"Hingga Juni 2024, kami sudah memperbaiki 5.324 titik jalan di Jakarta Selatan," kata Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas (Sudin)
Bina Marga Jakarta Selatan, Agus Indroyono saat dihubungi di Jakarta, Rabu.
 
Agus mengatakan volume perbaikan jalan itu mencapai 40.987 meter persegi (m2) yang dilakukan di 10 kecamatan di Jakarta Selatan ((Jaksel). Perbaikan dilakukan secara bertahap.
 
Perbaikan jalan itu meliputi penutupan lubang dengan campuran aspal dingin (coldmix) dan campuran aspal panas (hotmix).
 
Dia mengatakan ada beragam faktor penyebab kerusakan jalan seperti adanya perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan serta kondisi tanah dasar yang tidak stabil.

Baca juga: Jaksel tata saluran air dan penerangan jalan umum di 90 RW
 
Selain itu, proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik serta muatan kendaraan berat (tonase) yang melebihi kapasitas.
 
Karena itu, kata dia, perlu adanya perbaikan kerusakan jalan untuk menjaga keamanan bagi pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor karena dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.
 
"Kami secara rutin melakukan perawatan jalan berkala seusai diperbaiki untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan," ujarnya.
 
Sudin Bina Marga Jaksel juga rutin memantau kondisi lapangan dan siap menerima laporan masyarakat yang disampaikan kepada satuan tugas (satgas) ataupun suku dinas.

Baca juga: Sudin Bina Marga bangun 11 Jalan Antar Kampung di Jaksel
 
Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berinisiatif dalam menjaga fasilitas yang diberikan pemerintah demi kenyamanan bersama.
 
Warga bisa melapor jika menemukan fasilitas umum seperti jalan rusak, trotoar berlubang, tutup saluran ambles, lampu jalan mati, kabel utilitas dan lainnya. Warga bisa langsung melaporkan melalui layanan pusat panggilan (call center) 021-3844444.
 
Tata cara pelaporan, yakni foto titik kerusakannya dan pastikan gambar terlihat jelas dan menyebutkan kronologi waktu dan lokasi kejadian laporan.

Laporan disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta kirim laporan langsung ke layanan WhatsApp Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024