Kami berharap akan makin banyak lagi rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan yang hadir di Bandara Lombok...,
Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka rute penerbangan langsung dari Lombok tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur dan sebaliknya, 3 Juli 2024.


"Rute penerbangan ini mulai dibuka hari ini ," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono di Lombok Tengah, Rabu.

Penerbangan perdana rute ini ditandai dengan kedatangan 205 penumpang dari Balikpapan yang disambut dengan seremonial "water salute" sesaat setelah mendarat di Bandara Lombok pada pukul 14.00 WITA.

“Kami menyambut baik hadirnya rute penerbangan baru bagi pengguna jasa Bandara Lombok ini karena semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, serta Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sebaliknya,” katanya.

Barata juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak maskapai dan jajaran Pemerintah Provinsi NTB atas pembukaan rute baru ini.

“Kami berharap akan makin banyak lagi rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan yang hadir di Bandara Lombok, sehingga akan semakin mendorong peningkatan aktivitas pariwisata serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Provinsi NTB,” harapnya.

Rute Lombok-Balikpapan dan sebaliknya ini beroperasi dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

PUntuk jadwal penerbangannya akan berangkat dari Lombok pukul 14.50 WITA dan dijadwalkan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA.

Sedangkan dari Balikpapan, pesawat akan lepas landas pukul 12.30 WITA dan mendarat di Lombok pukul 14.10 WITA.

"Penerbangan ini akan menggunakan armada pesawat jenis Boeing berkapasitas 215 kursi dan fasilitas bagasi kabin gratis 7 kilogram serta bagasi tercatat 20 kilogram," katanya.

Dengan adanya rute Lombok-Balikpapan ini, maka Bandara Lombok saat ini melayani delapan rute penerbangan domestik reguler, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, Makassar, dan Balikpapan.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua rute yaitu tujuan Kuala Lumpur dan tujuan Singapura.

“Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang setiap tahun juga menjadi tuan rumah kegiatan internasional kelas dunia MotoGP. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan penggemar wisata olahraga untuk datang ke Lombok," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024