Nanning (ANTARA) - Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) China atau China Association for Science and Technology (CAST) merilis daftar isu-isu utama dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, teknologi, dan teknologi industri untuk tahun 2024.

Total ada 30 isu, dalam berbagai bidang seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), energi baru, peralatan canggih, dan ilmu hayati, yang menjadi sorotan di forum utama konferensi tahunan CAST pada Selasa (2/7) di Nanning, ibu kota Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Isu-isu tersebut mencakup studi tentang manusia dan robot digital yang memiliki emosi dan kecerdasan, penilaian cepat untuk pemeliharaan presisi peralatan mesin, serta manufaktur berkonsep ramah lingkungan untuk obat-obatan dan material fungsional melalui kimia yang tepat.

Basis biologis efisiensi fotosintesis yang tinggi pada tanaman dan produksi baja rendah karbon rendah biaya menggunakan energi bersih juga masuk dalam daftar tersebut.

Kampanye pengumpulan tahun ini menerima 597 proposal dari 102 asosiasi iptek di seluruh China, yang mencakup bidang-bidang seperti ilmu dasar, ilmu bumi, ekologi dan lingkungan, teknologi informasi, teknologi kedirgantaraan, serta teknologi pertanian.

Sejak 2018, CAST telah mengumpulkan dan merilis isu-isu iptek utama selama tujuh tahun berturut-turut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024