kalau semua dikerahkan untuk datang ke sana, tingkat hunian hotel di Balikpapan akan menjadi tinggi
Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Colliers Indonesia memperkirakan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara atau IKN dapat meningkatkan hunian hotel-hotel di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Tentu kalau semua dikerahkan untuk datang ke sana, tingkat hunian hotel di Balikpapan akan menjadi tinggi," ujar Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam media briefing yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Menurut Ferry, hal ini dikarenakan tidak hanya ASN dan para pejabat pemerintahan yang akan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN, melainkan juga dihadiri oleh para tamu VIP dan undangan dari kedutaan besar negara-negara sahabat yang akan diajak ke sana untuk melihat perkembangan pembangunan IKN.

"Ini akan menaikkan tingkat hunian hotel-hotel di Balikpapan," katanya.

Sebagai informasi, perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Presiden RI Joko Widodo berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga merupakan upacara selamat datang kepada ibu kota baru.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan IKN beroperasi secara perdana pada 17 Agustus 2024 bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Nusantara, Kalimantan Timur.

Periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, melakukan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan, juga meliputi pemindahan ASN tahap awal.

Baca juga: Kemenhub sebut Nusantara Airport di IKN bersifat nonkomersial
Baca juga: Pemerintah rumuskan insentif bagi ASN pindah ke IKN
Baca juga: Kemenhub: Progres pembangunan bandara VVIP IKN capai 50 persen

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024