PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung menjadi pilot project atas penerapan program SNI Corner dan Wifi Corner
Kabupaten Bandung, Jawa Barat (ANTARA) -
Badan Standardisasi Nasional (BSN) berharap Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi contoh standardisasi UMKM di Indonesia setelah hadirnya SNI dan Wifi Corner di fasilitas tersebut.

Sekretaris Utama BSN Donny Januardi Effyandhono mengatakan ada dorongan PLUT Kabupaten Bandung yang saat ini sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) akan dikembangkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Apalagi, nanti jadi BLUD dengan berbagai penambahan fasilitasi UMKM, kita mudah untuk menjadikan PLUT Kabupaten Bandung sebagai role model bagi PLUT di daerah lain. Nanti, kalau bertanya contohnya mana sih, ya udah tinggal datang ke BLUT Bandung sudah komplit," kata Donny usai peluncuran SNI dan Wifi Corner di PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung, Bandung, Jabar, Rabu.

PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung menjadi pilot project atas penerapan program SNI Corner dan Wifi Corner.

Dipilihnya fasilitas di Kabupaten Bandung untuk menjadi proyek percontohan dari Kementerian Koperasi dan UKM serta BSN, kata Donny, karena UMKM di sini, dan secara umum di Jabar adalah yang terbanyak di Indonesia, sehingga menjadi satu yang paling utama untuk standardisasi.

"UMKM itu ada sekitar 64 juta di Indonesia, dan baru lima juta yang terdaftar. Jika dibagi 38 provinsi, dari sisi jumlah UMKM Jawa Barat paling besar dan ada irisannya dengan standar," ucap dia.

Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan PT Telkom meluncurkan penyediaan SNI dan Wifi Corner pada Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Kabupaten Bandung, Rabu ini.

Setelah Kabupaten Bandung, KemenkopUKM menargetkan SNI dan Wifi Corner ini bisa diterapkan di 100 PLUT lainnya, dengan 2024 ini akan diimplementasikan pada dua daerah lagi.

"Rencananya kita adakan di 100 PLUT ya. Tahun ini akan ada dua lagi yakni Lombok (NTB) dan Denpasar (Bali)," tuturnya.

Disebutkan, penyediaan SNI Corner dan Wifi Corner di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung merupakan implementasi dari Perjanjian Kerja Sama antara Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM dengan Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional Nomor: 63/PKS/D.2/IX/2023 dan Nomor: 19/BSN/PKS/IX/2023, tentang Kolaborasi Penyelenggaraan Standardisasi Bagi Usaha Mikro dan Kecil melalui Layanan Informasi Terpadu BSN pada PLUT KUMKM.

Lalu, Nota Kesepahaman Bersama antara Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM dengan PT Telkom Indonesia, Nomor: 08/NKB/ D.2/N/2023 dan Nomor: PKS.TEL.491/HK.840/DBS-00000000/2023, tentang Penguatan Pusat Layanan Usana Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) dalam Pengembangan Ekosistem Komunitas dan Digitalisasi PLUT-KUMKM.

Dalam acara tersebut, selain dilaksanakan Peluncuran SNI Corner dan Wifi Corner, juga diisi dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BSN dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung, Perjanjian Kerja Sama antara PT Telkom Tbk dengan PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung, Penyerahan Simbolis "Mockup" Wifi Corner dari PT Telkom ke PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung dan "Mockup" SNI Corner dari BSN ke PLUT-KUMKM Kabupaten Bandung.

Selan itu, acara juga diisi dengan penyerahan simbolis Program Strategis dari Kementerian Koperasi dan UKM seperti KUR, NIB dan Sertifikat Halal juga Penyerahan Sertifikat SNI oleh BSN.

Baca juga: KemenkopUKM luncurkan SNI dan Wifi Corner untuk naikkan kelas UMKM
Baca juga: BSN sebut standarisasi CCS dukung penerapan Nilai Ekonomi Karbon
Baca juga: BSN pastikan keamanan pangan dan lingkungan Indonesia melalui CRM

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024