Kupang (ANTARA) - Petugas Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, melaporkan sampai dengan saat ini erupsi atau letusan eksplosif masih tetap berlangsung di puncak gunung itu dengan lontaran lava pijar menjangkau hingga jarak 500 meter keluar dari kawah.

"Berdasarkan hasil evaluasi mulai tanggal 23-30 Juni 2024 menunjukkan masih tingginya aktivitas erupsi, dan erupsi eksplosif masih tetap berlangsung," kata Petugas Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok saat dihubungi dari Kupang, Rabu.

Namun, ujar dia, baik erupsi dan hembusan asap sudah menunjukkan penurunan dibandingkan dengan periode sepekan sebelumnya.

Dia menjelaskan bahwa tinggi kolom erupsi dapat lebih tinggi dari yang diamati karena faktor cuaca yang menyebabkan pengamatan visual tidak maksimal dilakukan.

Baca juga: Aktivitas menurun, status Gunung Ile Lewotolok turun menjadi Waspada

Baca juga: Gunung Ili Lewotolok kini berstatus waspada


Sementara itu aliran lava baru juga pada wilayah Selatan yang mengarah ke Desa Todanara dan wilayah tenggara yang mengarah ke Desa Jontona tidak mengalami perubahan jarak hingga saat ini.

Aliran lava ke arah tenggara terjauh masih pada jarak 1,8 kilometer dan 600 meter ke arah selatan. Sedangkan jarak aliran lava ke arah barat yakni ke Desa Amakaka sampai dengan tanggal 27 Mei lalu masih berada di kisaran 1,3 kilometer dari bibir kawah dan belum menunjukkan penambahan jarak aliran.

"Hal ini mengindikasikan laju aliran lava baik ke arah tenggara, selatan dan barat mulai mengecil atau melambat atau bisa juga telah berhenti," ujar dia.

Secara umum, jumlah gempa menunjukkan penurunan dengan gempa-gempa hembusan masih mendominasi di rekaman. Sementara tremor masih terekam dengan amplitudo rada-rata semakin mengecil.

Tak hanya itu gempa vulkanik dangkal dan dalam masih terekam, namun tidak signifikan. Namun, kemunculan gempa-gempa vulkanik mengindikasikan adanya tekanan atau stres pada tubuh Gunung Ile Lewotolok yang berkaitan dengan suplai fluida magmatik dangkal dan dalam.

Sementara itu, ujar dia, data deformasi masih berfluktuasi, namun menunjukkan adanya deflasi atau pengempisan akibat perubahan tekanan pada tubuh Gunung Lewotolok pada periode sepekan terakhir.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan bahwa aktivitas gunung itu masih pada level II atau Waspada.

Karena itu masyarakat, pengunjung, dan pendaki, tetap direkomendasikan tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas dalam wilayah sektoral selatan, tenggara, dan barat, masing-masing sejauh 2,5 km dari pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.*

Baca juga: PVMBG : Tiga desa di kaki gunung Lewotolok diimbau waspada

Baca juga: Badan Geologi sebut aktivitas kegempaan Gunung Ile Lewotolok menurun

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024