Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertolak ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadiri pembukaan ajang budi daya perikanan bagi negara-negara Asia Pasifik, Asia-Pacific Aquaculture 2024 yang akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (4/7).

Wapres Ma'ruf Amin didampingi Wury Ma'ruf Amin lepas landas menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu siang, dengan menggunakan pesawat khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit, Wapres dan rombongan diperkirakan tiba di Surabaya pada pukul 15.20 WIB.

Pada keesokan harinya, Wapres didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menghadiri pembukaan Asia-Pacific Aquaculture (APA) 2024 di Grand City Convention & Exhibition Hall Surabaya.

Adapun Indonesia kembali dipilih menjadi tuan rumah (APA) 2024 karena Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar produk perikanan, terutama perikanan budi daya, sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang menarik minat para investor sektor perikanan, terutama dari luar negeri.

Dalam kesempatan sebelumnya, penyelenggara APA, Iwan Sutanto mengatakan bahwa APA 2024 adalah kegiatan pameran dan konferensi internasional akuakultur terbesar di Indonesia. Indonesia pun sukses menyelenggarakan APA pada tahun 2016.

“Atas kesuksesan APA 2016, Indonesia akan kembali mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah di tahun 2024 nanti,” kata Iwan.

Adapun APA 2024 diselenggarakan oleh World Aquaculture Society sebagai kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP, dan PT Tirta Anugrah Agung.

Tema yang diusung pada APA 2024 adalah “Aquaculture - Driving the Blue Economy”. Nantinya APA menghadirkan berbagai exhibitor dan juga pembicara baik lokal maupun internasional, untuk menghadirkan informasi dan teknologi terkini terkait perkembangan industri akuakultur.
 Baca juga: Wapres tekankan tiga pesan strategis untuk pelaku bisnis syariah
Baca juga: KKP gelar APA 2024 galang dukungan pembangunan akuakultur dalam negeri
Baca juga: Wapres: Pengolahan limbah komitmen RI dukung keberlanjutan lingkungan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024