Pada Selasa 2 Juli 2024 anak kita Evarela Hanau telah kembali ke Timika setelah mengikuti ajang kompetisi JSO di Yogyakarta
Timika (ANTARA) - Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengatakan siswi asal sekolah tersebut telah mewakili Papua pada ajang Jenius Science Olympiade (JSO) 2024 tingkat nasional dan meraih medali perak.

Kepala SATP Timika Johana Tnunnay di Timika, Rabu, mengatakan siswi kelas VIII asal sekolah tersebut yakni Evarela Hanau telah meraih medali perak di bidang IPS, yang digelar oleh Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada 30 Juni 2024.

"Pada Selasa 2 Juli 2024 anak kita Evarela Hanau telah kembali ke Timika setelah mengikuti ajang kompetisi JSO di Yogyakarta," katanya.

Baca juga: Dispar Jayapura membidik pelajar sebagai peserta Irian Creative Week

Menurut Johana, sebelumnya Evarela telah mengikuti pertandingan Olimpiade Sains tingkat kabupaten dan provinsi beberapa waktu lalu, setelah itu dikirim ke tingkat nasional.

"Evarela ini satu-satunya peserta dari Papua di JSO nasional, dan puji Tuhan meraih medali perak," ujarnya.

Ketua UPT Pusat Prestasi SATP Sonianto Kudi menjelaskan pihaknya memberikan pembelajaran setiap hari bagi siswa-siswi yang berbakat pada bidang sains, sejak terbentuk tujuh bulan yang lalu.

Baca juga: BPDAS: Sebanyak 20 pelajar SMA di Manokwari jadi Duta Lingkungan

"Sebelumnya Evarela telah mendapatkan penjaringan tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional, sekarang pulang membawa medali perak," katanya.

Siswi SATP Timika Evarela menambahkan sempat merasa grogi mengikuti JSO, tetapi keyakinan serta dukungan dari semua pihak membuatnya mampu mengikuti olimpiade dengan baik.

"Rasa minder dan gugup pasti ada, tapi karena saya percaya diri dan yakin sehingga dapat melalui semuanya dengan baik," katanya.

Baca juga: Presiden Joko Widodo bermain ukulele dengan para pelajar Papua
 
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024