Jakarta (ANTARA) -
PT Supersport Sensation (SSS) International selaku penyelenggara Mandiri 3X3 Indonesia Tournament (Mandiri 3X3 IT) menyebut bahwa format ajang tersebut berbeda untuk regional yang ada di luar Pulau Jawa.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, Penanggung Jawab Mandiri 3X3 IT, Chaerul Azis, mengatakan tahun ini juara di final regional Kota Medan, Sumatera Utara dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan tidak diadu dengan para jawara dari pelaksanaan final regional di Pulau Jawa.
 
Hal itu dikarenakan, SSS dan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) ingin titel juara regional menjadi kebanggaan tersendiri bagi peserta, sehingga status itu ke depannya akan menjadi supremasi yang diperebutkan setiap tahunnya.
 
Pria yang kerap disapa Buyo itu menambahkan, tahun ini untuk pertama kalinya Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ditunjuk sebagai wilayah pelaksanaan pada 5 hingga 7 Juli 2024.
 
GTC Mall Makassar akan menjadi venue pertandingan nanti.

Baca juga: Kompetisi 3x3 di luar Jawa kembangkan talenta basket secara nasional
 
Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan di luar Jawa itu merupakan yang kedua pada tahun ini. Sebelumnya, pada 27-28 April dan 1 Mei lalu turnamen yang sama telah memfasilitasi pecinta olahraga bola basket di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.
 
"Mandiri 3X3 IT adalah upaya kami mempersembahkan yang terbaik untuk negeri melalui bola basket, sehingga menyelenggarakan kegiatan olahraga di kalangan remaja, akan membantu menjauhkan mereka dari kegiatan negatif dan menjaga pemuda Indonesia tetap sehat," ujar dia.
 
Buyo membeberkan, peserta akan menjalani pertarungan di penyisihan dengan nama Play-In Tournament.
 
Babak itu akan berlangsung pada 4-5 Juli 2024. Dari dua kali play-in itu, akan ada enam tim dari masing-masing kategori yang lolos ke babak final regional. Dalam babak final regional, sebanyak total 30 tim dari semua kategori akan bertanding pada 7 Juli.

Baca juga: Grand Final Mandiri Indonesia 3x3 Tournament digelar 7-8 Oktober
 
Ia mengungkapkan, hampir 100 tim telah mendaftar untuk mengikuti Mandiri 3X3 IT di Makassar pada tahun ini.
 
Peserta yang akan ikut dalam turnamen itu, tambah dia, telah mencapai hampir 100 tim, yang terbagi dalam lima kategori kelompok umur (KU), yaitu KU-12 campuran, KU-15 Putra, KU-18 Putra, KU-23 Putra, dan KU-23 Putri.
 
"Ini kali pertama kami menyapa Makassar dan pendaftarnya hampir 100 tim. Ini modal berharga dalam mengembangkan basket 3X3 di Sulawesi Selatan," ujar dia.
 
Buyo menyampaikan, selain di Makassar dan Medan yang menjadi pelaksanaan bersejarah dalam Mandiri 3x3 IT, karena diselenggarakan di luar Jawa.
 
Turnamen itu juga akan hadir di regional Pulau Jawa. Ada empat daerah yang akan dikunjungi, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.
 
Namun, khusus untuk regional tersebut, para jawara di setiap kota masing-masing masih akan diadu kembali dalam babak final regional Jawa.
 
Puncak pelaksanaan regional Jawa akan diselenggarakan di DI Yogyakarta.

Baca juga: Mandiri 3X3 Indonesia diharapkan jadi ajang pembibitan pebasket timnas
Baca juga: SSS bantu PERBASI kembangkan basket 3X3 di Sulawesi melalui kompetisi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024