Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin  tiba di ibu kota Kazakhstan, Astana, untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) dan mengadakan sejumlah pertemuan bilateral, kata Kremlin, Rabu.

"Presiden Rusia telah tiba di Astana, ibu kota Kazakhstan, untuk berpartisipasi dalam pertemuan Dewan Kepala Negara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai," kata Kremlin di situsnya.

KTT SCO berlangsung di Astana pada 3-4 Juli dengan slogan "Memperkuat Dialog Multilateral - Mengupayakan Perdamaian dan Pembangunan Berkelanjutan."

Para peserta KTT diharapkan menandatangani paket 24 dokumen bersama dan mengadopsi deklarasi akhir dan pernyataan yang menegaskan komitmen para peserta SCO terhadap prinsip-prinsip bertetangga yang baik dan persatuan.

Putin akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Mongolia Ukhnaagiin Khurelsukh, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev di sela-sela KTT SCO, kata ajudan Kremlin Yury Ushakov, Selasa (2/7).

Putin juga akan mengadakan pertemuan terpisah dengan penjabat Presiden Iran Mohammad Mokhber.

Organisasi Kerja Sama Shangahi (SCO) adalah organisasi internasional antar pemerintah yang permanen, yang dibentuk pada 15 Juni 2001 di Shanghai, China, oleh Kazakhstan, China, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan dan Uzbekistan.

Saat ini, SCO memiliki sembilan negara sebagai anggota penuh, yaitu India, Iran, Kazakhstan, China, Kyrgyzstan, Rusia, Pakistan, Tajikistan dan Uzbekistan.

Tiga negara berstatus sebagai pengamat di SCO, yaitu Afghanistan, Belarus, dan Mongolia.

SCO juga memiliki 14 negara sebagai mitra dialog, yaitu Azerbaijan, Armenia, Bahrain, Kamboja, Mesir, Kuwait, Maladewa, Myanmar, Nepal, Qatar, Arab Saudi, Sri Lanka, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Sumber: Sputnik
Baca juga: SCO berupaya perluas pengaruh, Iran jadi anggota ke-9
Baca juga: India undang Pakistan hadiri pertemuan menteri pertahanan SCO
Baca juga: Menlu Rusia tatap masa depan cerah Organisasi Kerja Sama Shanghai

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024