Jakarta (ANTARA) - Apple nampaknya bakal menggunakan chip yang sama untuk semua model ponsel yang akan menjadi bagian dari seri iPhone 16 dan hal itu terkonfirmasi oleh backend developer Apple bernama Nicolas Alvarez.

Laporan yang pertama kali dipublikasikan MacRumors pada Selasa (2/6) menunjukkan bahwa Apple tidak akan melakukan diferensiasi pada dapur pacu baik untuk iPhone 16 versi biasa maupun iPhone 16 versi Pro.

Dalam temuan Nicolas diketahui untuk iPhone 16 ada kode yang merujuk pada identitas iPhone dan semuanya memiliki kode yang serupa yaitu iPhone17,1, iPhone17,2, iPhone17,3, iPhone17,4, dan iPhone17,5.

Baca juga: Apple Intelligence mungkin hadirkan fitur berbayar

Baca juga: Apple dilaporkan bakal kenalkan Apple Intelligence di WWDC 2024


Kelima kode itu dimulai dengan angka yang sama, dan diartikan Nicolas bahwa hal itu menunjukkan bahwa Apple berencana menggunakan chip yang sama untuknya.

Hal itu disebabkan karena pada model iPhone 15 yang memiliki chip berbeda untuk versi Pro dan versi biasa, pengenal kode internal memiliki nomor terpisah.

Adapun untuk ‌iPhone 15‌ diberi kode iPhone 15‌,4, ‌iPhone 15‌ Plus memiliki ‌iPhone 15‌,5. Sedangkan pada versi Pro iPhone 15 Pro menggunakan kode ‌iPhone 16‌,1, dan ‌iPhone 15 Pro‌ Max menggunakan kode iPhone 16‌,2.

Pada iPhone 15 reguler, ponsel tersebut menggunakan chip A16 Bionic yang sebelumnya juga digunakan di model iPhone 14 Pro.

Pada iPhone 14 Pro, ponsel itu memiliki nomor model yang sesuai yaitu iPhone 15,2 untuk versi Pro. Sehingga dapat terlihat pola penamaan kode internal itu dilakukan berdasarkan dapur pacu dari sebuah ponsel.

Jadi apabila skema penomoran kode yang dilakukan bertahun-tahun itu tetap dipertahankan maka temuan Nicholas pada nomor kode keempat model ‌iPhone 16‌ itu menunjukkan bahwa keempatnya akan memiliki chip yang sama.

Hal menarik lainnya dari temuan itu ialah bahwa terdapat lima nomor kode yang ditemukan Nicholas, besar kemungkinan empat di antaranya merupakan jejeran iPhone 16.

Sedangkan satu nomor kode lainnya berpotensi merupakan iPhone SE generasi berikutnya yang juga cukup banyak mengundang banyak rumor.

Masuk akal jika keempat model ‌iPhone 16‌ dan ‌iPhone SE‌ masa depan semuanya memiliki chip A18 yang sama karena fitur Apple Intelligence yang merupakan fitur kecerdasan artifisial mereka akan debut di iOS 18.

Apple Intelligence memerlukan chip bertenaga tinggi agar fitur AI dapat berjalan di perangkat. Saat ini, hanya ‌iPhone 15 Pro‌ dan Pro Max yang dapat menggunakan Apple Intelligence.

Baca juga: Apple kembangkan pelatih kesehatan AI untuk Apple Watch

Baca juga: Microsoft ingin beli perusahaan yang bantu Apple Siri

Baca juga: Apple beli startup AI untuk kembangkan Siri

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024