Jakarta (ANTARA) - Marketa Vondrousova menjadi juara bertahan putri Wimbledon pertama dalam 30 tahun yang tersingkir pada babak pertama ketika dikalahkan peringkat 83 dunia Jessica Bouzas Maneiro.

Petenis Spanyol itu menang 6-4, 6-2 atas petenis peringkat enam asal Ceko, yang tahun lalu menjadi wanita non-unggulan pertama yang meraih gelar juara di All England Club.

Legenda Jerman Steffi Graf menjadi juara bertahan terakhir yang kalah di babak pembukaan, saat ia dikalahkan oleh Lori McNeil pada 1994.

Bouzas Maneiro belum pernah mengalahkan petenis peringkat 40 besar, sementara satu-satunya pertandingan lapangan rumput lainnya yang ia ikuti tahun ini adalah kekalahan pada putaran pertama di turnamen sederhana di Italia.

"Saya pikir ini adalah salah satu momen terpenting dalam hidup dan karier saya," kata Bouzas Maneiro, dikutip dari AFP, Rabu.

"Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia jadi tidak ada tekanan bagi saya. Saya hanya bisa menikmati momen dan bermain dengan bebas."

"Saya benar-benar terkejut dengan diri saya sendiri. Saya sedikit gugup pada awalnya tetapi suasananya sangat menyenangkan sehingga saya merasa lebih nyaman. Saya merasa seperti di rumah sendiri," ujar petenis berusia 21 tahun itu.

Bouzas Maneiro akan menghadapi rekan senegaranya dari Spanyol Cristina Bucsa untuk memperebutkan tempat di babak 32 besar.

Vondrousova tiba di London dengan kondisi fisik yang diragukan setelah cedera pinggul kanannya saat terjatuh di turnamen lapangan rumput Berlin bulan lalu.

Baca juga: Osaka menangi pertandingan pertamanya di Wimbledon sejak 2018

Baca juga: Aldila siap cetak sejarah di Wimbledon 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024