Kalau dulu kita dapat penilaian merah, tapi sekarang rata-rata penilaian yang diberikan sudah hijau.
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pemangku kepentingan di daerahnya untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada Ombudsman yang terus berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota mendorong peran ASN dan para pemangku kepentingan meningkatkan perannya dalam melayani publik," kata Gubernur Olly pada Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayan Publik Tahun 2024, di Manado, Selasa (2/7).

Gubernur mengatakan, komunikasi yang terbangun bersama dengan Ombudsman memberikan dampak positif penilaian pelayanan publik yang diberikan oleh penyelenggara pemerintahan.

"Kalau dulu kita dapat penilaian merah, tapi sekarang rata-rata penilaian yang diberikan sudah hijau. Kami memberikan apresiasi," ujarnya.

Gubernur berharap, kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik akan semakin meningkat, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak langsung terhadap pelayanan yang diberikan.

Gubernur mengatakan, bila dibandingkan dengan waktu sebelumnya, saat ini kepala daerah dalam penyusunan Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) agak terbatas dalam melakukan improvisasi.

Karena semua sudah diatur dari pemerintah pusat apa yang harus dilakukan, katanya pula.

"Tapi orang berpikir masih sama dengan paradigma yang lama, padahal paradigma sudah berubah. Meskipun demikian kita harus menyadari dan memperbaiki bersama ke depannya," katanya menambahkan.
Baca juga: Kementerian PANRB dorong integrasi layanan publik digital di Papua
Baca juga: Menteri PANRB: Roh MPP adalah pengintegrasian layanan publik

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024