Berikut rangkuman berita humaniora populer kemarin (Selasa, 2/7) di Indonesia:
Makassar (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer kemarin (Selasa, 2/7) di Indonesia, mulai dari Kemensos beli rumah untuk janda tiga anak yang hidup di tebing Polewali Mandar, hingga Menkes ungkap sebab harga obat RI 3-5 kali lebih mahal dari Malaysia.

1) Kemensos beli rumah untuk janda tiga anak yang hidup di tebing Polewali Mandar

Kementerian Sosial (Kemensos) membelikan satu unit rumah beton layak huni untuk janda tiga anak yang hidup memprihatinkan di tebing curam perbukitan Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini beserta rombongan memberikan secara langsung rumah bantuan tersebut kepada Marni (43) beserta tiga anaknya yang masih belia itu.

Simak selengkapnya di sini:


2) Kapolri pastikan kasus Afif Maulana ditangani dengan transparan

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan penanganan kasus tewasnya siswa SMP bernama Afif Maulana di Kuranji, Padang, ditangani secara profesional dan transparan melibatkan Bareskrim Polri, pengawas internal Mabes Polri dan pengawas eksternal.

Menurut Sigit, pihak pengawas internal Polri sudah turun ke Polda Sumatera Barat untuk mengecek penanganan kasus itu, termasuk pemeriksaan 17 anggota satuan Sabhara Polda Sumbar yang diduga melakukan pelanggaran menyebabkan Afif Maulana meninggal dunia.

Simak selengkapnya di sini:

 

3) RS Adam Malik dibantu Arab Saudi sukses operasi jantung 25 anak

Rumah Sakit (RS) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara dengan bantuan dari King Salman (KS) Relief, Arab Saudi, telah sukses melakukan operasi jantung terhadap 25 anak.

Direktur Utama RS Haji Adam Malik dr Zainal Safri mengatakan kerja sama ini merupakan program sesi kedua dalam operasi bedah jantung yang berlangsung di Pusat Jantung Terpadu rumah sakit setempat dari 25 Juni sampai 30 Juni 2024.

Simak selengkapnya di sini:

 

4) RSUP Sardjito tunggu keluarga terkait pemulangan jenazah Zhang Zhi Jie

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta masih menunggu keputusan pihak keluarga terkait pemulangan jenazah pebulu tangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie yang meninggal dunia saat pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 pada Minggu (30/6) malam.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan hingga saat ini jenazah Zhi Jie masih di rumah sakit.

Simak selengkapnya di sini:

 

5) Menkes ungkap sebab harga obat RI 3-5 kali lebih mahal dari Malaysia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan harga obat di Indonesia bisa tiga hingga lima kali lebih mahal dari Malaysia, salah satunya karena inefisiensi perdagangan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rapat internal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan menyampaikan bahwa perbedaan harga obat itu 3 kali, 5 kali dibandingkan dengan di Malaysia.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024