Kami memang menginginkan atau memimpikan untuk adanya better industry, better community, better world.
Jakarta (ANTARA) - Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) mengungkapkan langkah strategis meliputi membangun industri, komunitas, dan dunia yang lebih baik (building a better industry, a better community, a better world) dalam kerangka aksi keberlanjutan (sustainable action).

“Kami memang menginginkan atau memimpikan untuk adanya better industry, better community, better world. Jadi ini adalah yang menjadikan people, planet, dan juga prosperity atau 3P yang kami campaign karena itu bisa berjalan,” ujar Direktur Utama ICDX Fajar Wibhiyadi dalam acara “15th Anniversary 15ustain-action”, di Jakarta, Selasa.

Dalam upaya membangun dan mengembangkan industri perdagangan berjangka komoditas, katanya lagi, berbagai langkah telah dan akan dijalankan ICDX Group. Mulai dari memaksimalkan penyerapan produk derivatif sebagai sarana lindung nilai, spekulasi dan inklusi keuangan, pemanfaatan komoditas yariah sebagai fondasi peningkatan industri syariah Indonesia untuk perbankan syariah, serta melakukan inovasi sistem transaksi komoditas dengan melakukan personalisasi pasar dan alur yang efisien.

Untuk membangun komunitas, beberapa program Corporate Social Responsibility (CSR) akan dijalankan sebagai bentuk tanggung jawab sosial ICDX Group kepada masyarakat. Melalui ICDX Academy, ICDX Group disebut juga akan melakukan peningkatan literasi tentang industri Perdagangan Berjangka Komoditi kepada masyarakat agar terinformasi dengan baik dan benar.
Baca juga: Dukung dekarbonisasi, ICDX jalankan Indonesia Clean Metal Initiatives

Langkah strategis terakhir yang berkaitan dengan membangun dunia menjadi lebih baik, ICDX Group dinyatakan telah mengimplementasikan Go Carbon Neutral sejak tahun 2022 dengan menanam 1 juta pohon mangrove.

Baru-baru ini, ICDX Group turut meluncurkan Carbon Calculator di website https://carboncalculator.icdx.co.id/ sebagai platform perhitungan emisi untuk pemangku kepentingan industri.

“Jadi carbon calculator ini sudah mulai digunakan di beberapa entitas. Jadi beberapa entitas sudah mulai masuk ke website untuk mendaftar sebagai pengguna carbon calculator,” kata Head of Strategic Development ICDX Zulfal Faradis.

Selain itu, pihaknya dikatakan berupaya mencapai “green metal” melalui Clean Metal Initiatives guna merealisasikan tujuan dekarbonisasi industri dan mempromosikan produk bebas karbon sebagai langkah menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Clean Metal Initiatives ini memang kita coba inisiatif karena memang ada permintaan dari pembeli yang juga memperhatikan emisinya. Jadi ini kami sampaikan kepada para produsen komoditas untuk dapat memproduksi komoditas ini yang lebih ramah lingkungan atau lebih rendah emisi, yang mana nantinya juga akan bertambah juga ke produsen komoditas untuk mendapatkan harga yang premium. Jadi, ini sebenarnya demand dari beberapa negara yang fokus terhadap isu lingkungan,” ujarnya pula.
Baca juga: ICDX - Shanghai Metal Market gelar Asean Tin Industry Conference 2024
Baca juga: ICDX berharap Simbara dapat disinergikan dengan bursa komoditas


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024